Politikus Nasdem, Enggartiasto Lukita Dipanggil KPK Ketiga Kalinya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita agar hadir pada pemanggilan ulang yang dijadwalkan Kamis (18/7) mendatang. Sebab, politikus Nasdem itu sudah dua kali mangkir dari pemanggilan penyidik KPK untuk diperiksa terkait dugaan penerimaan gratifikasi Bowo Sidik Pangarso.

“Jadi kami harap nanti pada hari Kamis, 18 Juli, saksi (Enggar, red) bisa hadir dan sekaligus juga bisa memberikan contoh yang baik kepada publik,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Senin (8/7).

Karena sebagai pejabat publik, lanjut Febri, semestinya saksi-saksi yang dipanggil oleh KPK itu hadir memenuhi panggilan dan mau berbicara secara benar di hadapan penyidik.

Menurut Febri, KPK telah menerima surat dari Sekjen Kemendag terkait akan kehadiran Enggar. Dalam surat itu, pihak Kemendag juga turut menanyakan kapan Enggar akan kembali dipanggil. Sehingga, menurut Febri, adanya surat itu memperlihatkan kesediaan Enggar untuk hadir.

“Saya kira kalau dari surat yang dikirimkan oleh Sekjen Kementerian Perdagangan itu sebenarnya sudah ada pernyataan yang cukup jelas ya ini kami pandang sebagai pernyataan kesediaan untuk hadir,” ucap Febri.

Oleh karena itu, KPK akan kembali mengirimkan surat pemanggilan kepada Enggar. Pada panggilan selanjutnya, KPK berharap Enggar dapat hadir dan bersaksi di hadapan penyidik.

“Informasi tentang jadwal pemeriksaan berikutnya akan kami sampaikan kembali. Kami harap setelah sebelumnya tidak datang dua kali di jadwal sebelumnya, maka pada penjadwalan berikutnya Mendag dapat datang memenuhi kewajiban hukumnya sebagai Saksi,” ucap Febri.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...