Reaksi Nasdem Terkait Jokowi Tegur 4 Menteri

Selasa, 9 Juli 2019 - 13:55 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Jokowi menegur Menteri ESDM Ignatius Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil.

Jonan dan Rini ditegur terkait impor migas yang dinilai Presiden Jokowi masih terlalu tinggi. Sementara, teguran kepada Siti Nurbaya dan Sofyan Djalil disampaikan terkait proses perizinan bagi investor.

Teguran kepada empat menteri itu disampaikan Presiden Jokowi secara terbuka saat membuka sidang kabinet di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7).

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny Gerard Plate mengatakan, apa yang dilakukan Jokowi di sidang kabinet tersebut sebagai upaya melakukan koordinasi kembali dan menggerakkan kabinetnya, setelah proses pemilihan umum yang panjang dan berdampak pada perekonomian.

Pimpinan MPR Banyak Diperebutkan Elite Parpol

Pengamat: Tak Jadi Menteri, AHY Lebih Leluasa Bermanuver untuk 2024

Kader Golkar Tak Pede Bertarung di Pilkada Gowa

“Jadi, untuk memastikan bahwa kabinet, anggota kabinet terkait seperti Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, serta kementerian lain untuk melakukan koordinasi agar perekonomian kita segera bergerak kembali setelah tekanan-tekanan selama masa kampanye,” kata Johnny di gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/7).

Anggota Komisi XI DPR dari Partai NasDem itu mengatakan, Indonesia juga menghadapi situasi perekonomian dunia yang tidak ideal. Karena itu, ujar Johnny, dibutuhkan dukungan perekonomian dari dalam negeri yang kuat.

“Kami mendukung sekali sikap Pak Presiden, dan para menteri memahami betul. Karena apa, untuk mengakhiri pemerintahan yang baik dan mengawali pemerintahan berikutnya,” ujarnya.

Menurut Johnny, Indonesia mengalami tekanan defisit neraca perdagangan sehingga membutuhkan dorongan ekspor yang lebih kuat. Indonesia juga membutuhkan stabilitas politik dalam negeri yang jauh lebih baik. Hal itu untuk memastikan perekonomian baik. “Kami sepakat dengan putusan presiden itu,” kata Johnny. (jpnn)

One thought on “Reaksi Nasdem Terkait Jokowi Tegur 4 Menteri

Comments are closed.