Siswa BSM Ubah Limbah Kardus Jadi Mini Robot

Selasa, 9 Juli 2019 - 14:25 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Untuk meminimalisir limbah kardus, meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan dan sekaligus mengisi waktu liburan sekolah, Bosowa School Makassar bersama Ruang Bahagia gelar Crafting Mini Robotic di Laboratorium Fisika, Senin (09/07/2019).

Ruang Bahagia yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia dan pelestarian lingkungan ini, menyediakan media dan tempat untuk peserta, mencoba hal baru dan juga mengajarkan cara menangani limbah serta membuat kreasi.

Kegiatan ini diikuti delapan peserta dari kalangan SMP dan SMA secara umum. Para siswa diajak membuat robot dalam ukuran yang kecil dengan menggunakan bahan dasar limbah kardus. Kegiatan ini dipandu salah satu guru Bosowa School Makassar, Rizky.

Rizky selaku pendamping kegiatan mini robotic menuturkan beberapa tahapan dalam kegiatan ini. Menurutnya pembuatan mini robotic menggunakan limbah kardus akan lebih efisien, karena tidak hanya meminimalisir biaya tetapi juga lebih mudah dikreasikan oleh anak.

Di depan Para Pegawainya, Irwan Akib: Selain Disiplin, Etika Juga Penting

Lamaran Ditolak, Wanita di Jeneponto Pilih Minum Racun

Kata Pengamat, PAN dan Demokrat Boleh Dirangkul, Tetapi Tidak Kursi Menteri

“Crafting Mini Robotic ini kami buat untuk menarik perhatian para peserta, sekaligus mengedukasi siswa bahwa pada dasarnya limbah yang masih dapat digunakan itu dapat di daur ulang menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual,” ungkapnya.

Dia menambahkan, siswa lebih banyak mengenal bahan dasar pembuatan robot dan juga mempraktikkan langsung bagaimana pembuatan robot.

“Meski menggunakan limbah kardus, pembuatan robot ini akan tetap membutuhkan alat pendukung dasar seperti robot kit, baterai, kabel, dan bahan lainnya yang bisa membuat robot berfungsi,” tambahnya.

“Saya sangat tertarik mengikutsertakan anak saya pada kegiatan ini, selain anak saya yang sangat menyukai robot, dia juga bisa mengisi waktu libur sekolah dengan kegiatan yang menarik, seperti mengajarkannya untuk menjaga lingkungan dengan memanfaatkan limbah kardus yang sudah tidak terpakai dan membuat sebuah karya,” kata Aco, salah seorang orang tua siswa. (rls/*)

2 thoughts on “Siswa BSM Ubah Limbah Kardus Jadi Mini Robot

Comments are closed.