Tak Berizin, Dewan Minta Tiga Usaha Tambang Ditutup

Selasa, 9 Juli 2019 - 07:40 WIB

FAJAR.CO.ID, MAROS –Komisi II DPRD Maros melakukan inspeksi mendadak ketiga lokasi tambang galian C di Moncongloe. Hasilnya tiga usaha tambang yang diduga tak mengantongi izin ditutup sementara.

Ketua Komisi II DPRD Maros, Hasmin Badoa mengatakan sidak ini menyusul adanya laporan warga mengenai aktivitas tambang yang tak memiliki izin.

“Saat sidak, kami menemukan ada empat usaha tambang yang diduga tidak memiliki izin sama sekali. Namun saat sidak hanya tiga yang beraktivitas sehingga ditutup sementara,” katanya.

Baru Bebas, Eks Bupati Tapteng Penyuap Akil Mochtar Kembali Divonis 5 Tahun

Ini Negara Kontestan 8 Besar Piala Afrika 2019

Terpidana Seumur Hidup, Purn Polisi Berpangkat AKBP Ditangkap Kejagung

Menurut Hasmin, di daerah tersebut, ada sepuluh pengusaha tambang yang beroperasi. Empat di antaranya hanya memiliki izin eksplorasi, empat hanya memiliki izin produksi, dan dua yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP).

“Pengusaha tambang yang hanya memiliki izin produksi ini kami anjurkan untuk mengurus perizinan untuk mendapatkan IUP,” jelasnya.

Sedangkan empat di antaranya tidak memiliki izin sama sekali, namun tetap melakukan aktivitas.

“Jadi saya sampaikan sama penanggung jawab tiga tambang itu, untuk menghentikan aktivitasnya. Karena jika tetap beroperasi, kita akan koordinasikan dengan pihak Polsek untuk menutup tambang. Alat beratnya juga kita akan segel,” tegasnya.

Hasmin menduga sidak ini bocor, sebab dari 10 tambang di Kecamatan Moncongloe lokasi yang ada orangnya hanya tiga. Sementara selebihnya tak bertuan karena ada dugaan sidak bocor. (rin)