Tergolong Baru, Prodi Pendidikan Biologi Unismuh Sudah Raih Akreditasi B

Selasa, 9 Juli 2019 - 15:45 WIB
Prodi Pendidikan Unismuh. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unismuh Makassar patut berbangga. Meski tergolong prodi baru, sudah mendapat pengakuan dengan resmi mendapat akreditasi B dari BAN-PT.

Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib SPd MPd PhD menuturkan prodi Pendidikan Biologi memang baru berdiri di Kampus Unismuh Makassar dengan nomor SK 41/M/Kp/III/2015, tertanggal 20 Maret 2015. Namun sudah jadi pilihan favorit. Ini terbukti jumlah mahasiswanya sudah mencapai 435 orang dari berbagai daerah di Indonesia.

“Prodi pendidikan biologi ditangani dosen-dosen yang relatif masih sangat muda tetapi sudah berkemajuan, sudah berpikir jauh kedepan. Terbukti, akreditasi B bisa diraih,” ungkapnya, Selasa (9/7/2019).

Ke depan, sesuai rekomendasi Tim Asesor BAN-PT memang masih banyak yang perlu perbaikan. Seperti fasilitas laboratorium yang sementara proses terus dilengkapi dan mesti kekinian. Juga kedepan para dosen harus berani untuk melakukan collaborative research.

“Ada proyek riset atau penelitian dengan dosen di luar Unismuh atau bahkan di luar Indonesia, sehingga bisa menghasilkan produk ilmiah yang lebih mumpuni,” terangnya.

Salah satu anggota tim borang, Muhammad Wajdi SPd MPd menambahkan hasil akreditas yang cukup baik ini sebagai bukti komitmen kuat untuk bersama-sama menjadikan prodi tersebut lebih unggul ke depannya. Sebelumnya, tim Asesor BAN-PT melakukan visitasi pada 27-29 Juni lalu.

“Tim borang telah bekerja secara maksimal dan sangat luar biasa dan alhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan karena sebelumnya belum terakreditasi. Akreditasi ini berlaku sampai 2024. Tentu ke depan harus naik kelas lagi akreditasinya. Itu impian kami,” tukasnya. (fik)