Efek Samping Berlebihan Mengonsumsi Buah Tin

Rabu, 10 Juli 2019 10:42

FAJAR.CO.ID–Buah Ara atau tin diketahui sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Namun, buah ini ternyata juga memiliki efek buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi secara tidak tepat.Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Senin (8/7).

1. Sakit Perut

Terlalu banyak makan buah ara bisa sangat berat di perut dan bisa menyebabkan sakit perut. Untuk itu, minum air dingin setelah makan buah ara membantu masalah perut.

2. Kembung

Selain sakit perut, buah ara menyebabkan kembung. Minum air adas manis membantu menyembuhkan masalah ini.

3. Sensitivitas matahari

Buah ara ternyata bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari. Hindari paparan sinar matahari yang lama jika Anda mengonsumsi buah ara secara teratur untuk menghindari masalah terkait kulit.

4. Membahayakan hati dan usus

Buah ara bisa berbahaya bagi hati. Mereka juga bisa menyebabkan penyumbatan di usus karena bijinya. Biji yang ada di buah ara cukup sulit untuk dicerna dengan mudah. Ini adalah salah satu efek samping buah ara paling berbahaya yang harus diperhatikan.

5. Penyerapan kalsium

Buah ara mengandung oksalat, yang mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Gangguan ini mengakibatkan kekurangan kalsium dalam tubuh kita, yang bisa menyebabkan lemahnya tulang dan penyakit lainnya, terkait dengan kekurangan kalsium.

6. Pendarahan

Mengonsumsi terlalu banyak buah ara bisa menyebabkan pendarahan retina dan pendarahan dubur. Ini juga bisa menyebabkan anemia hemolitik. Jika terjadi pendarahan dubur, hentikan konsumsi buah ara dan lihat apakah pendarahannya berhenti.

7. Menurunkan tingkat gula darah

Buah ara menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Ini membantu pasien diabetes tetapi bisa berbahaya bagi mereka yang menderita kadar gula darah rendah. Jika Anda menderita kadar gula darah rendah, hindari makan buah ara.

8. Alergi

Jika Anda alergi terhadap buah ara, itu bisa menyebabkan konjungtivitis, rinitis dan syok anafilaksis. Itu juga bisa menyebabkan asma. Periksa apakah Anda memiliki masalah alergi terhadap buah ara sebelum mengonsumsinya.

9. Oksalat berbahaya

Oksalat yang ada dalam buah ara berbahaya bagi mereka yang menderita masalah ginjal dan kandung empedu. Dalam hal ini konsumsi buah ara bisa memperburuk kondisi tersebut. Buah ara juga membahayakan limpa, yang bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah putih. (jpnn)

Bagikan berita ini:
1
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar