Empat Jemaah Kloter 4 Tunda Berangkat, Ada yang Sakit Mata

Rabu, 10 Juli 2019 - 11:00 WIB
Kakanwil Kementerian Agama Sulsel, Anwar Abubakar melepas jemaah kloter 4. (Muhclis Abduh/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Jemaah kloter 4 asal Sidrap dan Makassar berangkat tidak utuh. Ada empat jemaah yang dipastikan tunda berangkat.

JCH Kloter 4 lainnya yang sudah terbang menuju Madinah pada Selasa 9 Juli 2019, pukul 20.56 WITA.

Salah satu yang tunda bernama Siti Aminah Mappa (58). JCH asal Kota Makassar itu dinyatakan tunda oleh tim kesehatan haji karena mengalami sakit mata.

Wakil Ketua Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Makassar, Irwan menyampaikan, satu jemaah diisolasi di dalam poliklinik. Dia tunda diberangkatkan karena sakit mata.

“Tim kesehatan menyatakan tidak layak terbang karena sakit tersebut adalah penyakit menular. Sakit mata itu menular melalui udara, sedangkan di dalam pesawat merupakan ruang tertutup,” jelasnya.

Selain Siti Aminah, terdapat 3 JCH lainnya yang batal ikut dalam rombongan Kloter 4 Embarkasi Makassar. Satu JCH dinyatakan tunda di daerah atas nama Antamil Said Laussa.

Dua JCH lainnya sempat memasuki Asrama Haji Sudiang. Sitti Zainab dan Rabiatul Adawiyah sempat masuk Asrama Haji. Siti Zainab sendiri dinyatakan layak terbang oleh bidang kesehatan.

“Namun mungkin karena usianya yang memang sudah lansia, dia merasa tidak bisa berangkat. Padahal ada pendampingnya,” jelas Wakil Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar, Solihin.

Adapun Rabiatul Adawiyah merupakan anak Sitti Zainab yang merupakan pendamping lansia. Dia ingin berangkat tapi peraturannya tidak membolehkan.

“Dia bisa berangkat karena mendampingi lansia, padahal ini lansianya tidak berangkat,” tambah Solihin.

Diketahui, Kloter 4 Embarkasi Makassar ini terdiri dari 161 JCH asal Kota Makassar dan 285 JCH Kabupaten Sidrap. Dengan tidak berangkatnya 4 JCH di atas, maka jumlah JCH yang berangkat hanya 446 orang. (abd)