Libur Panjang Sekolah, Pelajar Demak Ikuti Kemah CAI

Rabu, 10 Juli 2019 - 20:51 WIB

FAJAR.CO.ID, DEMAK – Libur panjang sekolah tahun pelajaran 2018/2019 dimanfaatkan oleh 190 pelajar di Kabupaten Demak dengan mengikuti Perkemahan Akhir Tahun Ajaran (Permata) Cinta Alam Indonesia (CAI) yang diselenggarakan oleh DPD LDII Kabupaten Demak.

Singgih Harijadi, Ketua Panitia Permata CAI menuturkan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan bekal bagi anak-anak agar menjadi generasi muda yang religius, mandiri, santun serta berjiwa wirausaha.

Menariknya, selama tiga hari mengikuti kegiatan tersebut semua yang berjualan di area perkemahan internal dari peserta. Para peserta menunjukkan bukti nyata jiwa wira usaha dengan berjualan berbagai makanan dari piza hingga bakso dan lainnya.

Singgih Harijadi mengungkapkan dibukanya perkemahan CAI bertujuan meningkatkan kemandirian, religiusitas dan persatuan generasi muda.

“Selama libur biasanya anak anak di rumah di kamar, main android atau ikut balapan liar maka lebih bagus ikut kegiatan positif. Permata CAI dimulai sejak 9 Juli – 11 Juli 2019, ” ungkap Singgih , Rabu (10/7).

Selama tiga hari berada di perkemahan, para peserta juga diberi materi edukasi anti narkoba, kesehatan, cinta lingkungan dengan pengenalan kegiatan para petani di sawah, budaya antri dan juga olah raga volleyball.

“Harapannya, adik adik ini nanti jadi duta anti narkoba. Di sini mereka tidak ada yang merokok, ” Imbuh Singgih.

Sukusno, Wakil Ketua LDII Demak juga menambahkan bahwa pihaknya sangat peduli budaya Jawa sebagai bentuk sinergitas dengan pemerintah yang juga menghimbau pelestarian budaya nusantara.

“Untuk nguri uri budaya Jawa, para peserta menampilkan pencak silat dan tembang Jawa,” tuturnya. (yon)