Melihat Kondisi, Prabowo Sebaiknya Memimpin Oposisi Saja

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia, Ari Junaedi menyarankan agar Prabowo Subianto tetap di luar pemerintahan pascapilpres 2019.

“Karena memang posisi itu yang paling tepat bagi ketua umum Gerindra. Memimpin oposisi tidak kalah terhormatnya dibanding menjadi anggota wantimpres,” ujar Ari, Selasa (9/7).

Pembimbing disertasi di pascasarjana Universitas Padjajaran ini juga menyebut, jabatan pos menteri dan setingkat menteri sebenarnya tidak banyak.

Sementara presiden terpilih Joko Widodo juga masih harus mengakomodir kader-kader dari partai pengusung yang mumpuni.

Melihat kondisi yang ada, Ari meyakini Jokowi bakal kesulitan mengakomodir kader-kader dari Demokrat, PAN, Gerindra, dan PKS masuk dalam kabinet.

“Dari partai pengusung cukup banyak kader-kader yang mumpuni untuk duduk di kabinet. Misalnya, dari PDIP sangat berlimpah ruah. Ada nama Prananda Prabowo Soekarnoputra yang selama ini mengendalikan situation room PDIP,” ucapnya.

Petinggi Inter ke Inggris untuk Lobi MU Segera Jual Lukaku

Kemenag: Radikalisme Nyata di Hadapan Kita

Gun Gun Sebut Menteri Muda Tak Boleh Sekadar Simbol

Kemudian, sosok Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Bupati Tanah Bumbu, Mardani Maming, Ketua DPP PDIP, Nusyirwan Soejono dan Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Mayjen TNI Purn TB Hasanuddin.

Di luar PDIP, kata Ari melanjutkan, juga terdapat nama seperti Surya Paloh (Nasdem), Misbakhun dan Bambang Soesetyo (Golkar), Hanif Dhakiri (PKB) atau menteri petahana yang masih layak menjabat lagi seperti Basuki Hadimoeljono, Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani, atau Retno Marsudi.

“Belum lagi postur kabinet mendatang sepertinya harus menyediakan tempat untuk profesional yang berjasa seperti Prof Mahfud MD, Prof Yusril Ihza Mahendra, atau Antasari Azhar. Jadi, saya pikir Prabowo sebaiknya tetap memimpin oposisi,” pungkas Ari. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment