Kedai Kopi Makkarezzo, Nuansa Klasik Modern Berkonsep Barbershop

Kamis, 11 Juli 2019 - 14:52 WIB

Fajar.co.id, Makassar — Bisnis kedai kopi saat ini mulai dilirik sebagai ladang usaha baru. Hal itu bisa dilihat dari bermunculannya kafe atau kedai kopi di beberapa wilayah di Kota Makassar, salah satunya Kedai Kopi Makkarezzo yang baru-baru ini dilaunching di Jalan Kelapi, Toddopuli Raya Utara, Makassar.

Suburnya bisnis kedai kopi, selain menguntungkan para pelaku bisnis itu sendiri, juga membawa dampak baik terhadap keberlangsungan petani kopi dan pertumbuhan perekonomian daerah.

Pemilik kedai Kopi Makkarezzo, Drs Andi Syahrul Makkuradde SE MSi. mengatakan, konsep kedai kopi miliknya bisa dibilang berbeda dengan kedai kopi lainnya. Ia mencoba menggabungkan nuansa klasik modern di kedai kopinya tersebut dengan menyuguhkan sajian menu yang memiliki ciri khas tersendiri. Tak hanya itu, ia juga menyuguhkan konsep kedai yang dilengkapi barbershop.

“Kedai ini segmennya kita menyasar kalangan mahasiswa, dosen, pencinta kopi dan para komunitas yang ada di Makassar. Jadi, para mahasiswa, mereka bisa mengerjakan tugasnya Sekaligus bisa belajar bagaimana untuk menjadi seorang wirausaha,” katanya saat grand launching Kedai Kopi Makkarezzo di Jalan Kelapi, Toddopuli Raya Utara, Makassar, Rabu (10/7/2019).

Andi Syahrul yang juga Ketua yayasan STIE Pelita Buana, mengungkapkan, bisnis kedai kopi tak hanya mengejar keuntungan semata. Namun, dirinya ingin mengajarkan kepada generasi muda khususnya kalangan mahasiswa untuk berwirausaha. Tidak semata-mata lagi mau jadi PNS, tetapi bagaimana dia bisa membuka usaha dan mendatangkan lapangan kerja bagi yang lainya.

“Dengan hadirnya Kedai Kopi Makkarezzo ini, kita menambah pengusaha-pengusaha muda khususnya di Kota Makassar. Dalam hal ini, kita membantu pemerintah mengurangi pengangguran. Kita harapkan pemerintah bisa mendukung, memfasilitasi modal usaha bagi para pengusaha muda dan memberikan bimbingan agar bisa menjadi pengusaha sukses,” ujarnya.

Sementara itu, pengelola Kedai Kopi Makkarezzo, Andi Ridha Makkuradde, SE menambahkan, banyaknya kedai kopi dan kafe juga bermunculan membuat tren menyeruput kopi ini berkembang menjadi gaya hidup. Orang-orang pun semakin pintar lidahnya dalam mengenali kopi sehingga semakin selektif dalam memilih gerai kopi yang akan didatangi. Karena, yang menjadi bahan pertimbangan antara lain sajian kopi yang enak, barista yang pintar, kopi yang fresh, dan harga yang ramah di kantong.

Untuk itu, lanjut dia, Kedai Kopi Makkarezzo menawarkan berbagai kopi asli Indonesia, diantaranya kopi tubruk Arabika dan Robusta yang didatangkan langsung dari petani-petani kopi di kawasan penghasil kopi di Indonesia. Kopi kemudian diracik oleh barista yang berpengalaman.

“Di kedai kopi ini, selain kopi, kami juga menawarkan berbagai varian minuman lainnya dilengkapi dengan menu kudapan tradisional dan makanan seperti Mi Goreng Makkarezzo dan Mi Kuah Makkarezzo. Soal harganya, pastilah terjangkau, pas dikantong mahasiswa,” ujarnya. (upeks)