Menteri Milenial, Ini Masukan Megawati Soekarnoputri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin, disebut-sebut bakal mengisi kabinetnya dengan menteri dari generasi milenial. Langkah itu mendapat banyak respons dari publik. Bahkan parpol pendukung pun menyodorkan sejumlah nama dari kalangan anak muda.

Tidak ketinggalan juga dengan PDIP sebagai parpol pengusung utama pasangan presiden dan wakil presiden terpilih tersebut. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri pun memiliki pandangan tersendiri terhadap generasi milenial masuk kabinet.

Menurut Megawati, kalangan anak muda masuk kabinet suatu hal yang tidak salah. Namun demikian, mereka harus dipastikan bisa bekerja. Begitu yang dari generasi tua, mereka yang sudah sarat pengalaman dan bisa bekerja jangan sampai ditolak.

Sebetulnya pilihan Jokowi-Ma’ruf Amin ini tidaklah hal yang baru. Kata Megawati, pada zaman Presiden Pertama Soekarno ada anggota kabinet dari kalangan muda. Mereka itu memang pintar dan menguasai masalah.

“Ini yang saya lihat kelemahan kita dewasa ini. Orang disodor-sodorkan, tapi tidak mengerti secara praktis tata pemerintahan,” ujar Megawati dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Kamis (11/7).

Megawati menyarankan, anak muda yang bakal menjadi bagian dari kabinet Jokowi-Ma’ruf harus tahu soal DPR. Di sanalah tempat membuat undang-undang (UU), bertemu dan mengawasi mitra kerja, hingga memutuskan RUU bersama Pemerintah. Artinya, seorang muda itu paling tidak sudah harus belajar.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...