Politikus Muda PDIP Layak Menteri; Hasto, Tri Rismaharini, dan Abdullah Azwar

Kamis, 11 Juli 2019 - 13:09 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat komunikasi politik Universitas Indonesia (UI), Ari Junaedi menilai wajar jika Presiden Jokowi mulai memilah-milah calon menteri yang akan menjadi pembantunya untuk periode lima tahun mendatang. Termasuk calon menteri muda.

Dia lantas menyebut sejumlah figur muda yang layak mengisi kursi menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf. Di antaranya Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Wakil Kota Surabaya, Tri Rismaharini dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

’’Saya kira mereka sangat layak. Mereka adalah figur muda dan sudah teruji,” ujar Ari.

Terkait dengan calon menteri, dia meminta parpol tidak terlalu banyak ikut campur. Apalagi melakukan pemaksanaan agar kader partainya dipilih presiden.

Pahlawan di Liga Champions, Liverpool Beri Origi Kontrak Jangka Panjang

Gubernur Kepri Nurdin Basirun Diterbangkan ke Gedung KPK

Dicibir Trump, Diplomat Inggris untuk AS Mundur

Menurutnya, kebijakan strategis itu cukup ditentukan oleh presiden. Parpol memang bisa memberikan masukan saat diminati.

’’Sebagai pihak yang ikut membantu pemenangan, wajar parpol minta kursi menteri. Tapi prinsipnya jangan sampai merecoki,” papar Ari.

Lebih jauh dikatakan, tidak perlu ada penambahan nomenklatur kementerian baru di periode 2019-2024. Saat ini nomenklatur kementerian sudah cukup ideal. Yang perlu dilakukan, papar Ari, adalah menguatkan fungsi dan peran kementerian yang sudah ada.

Pengembangan ekonomi kreatif, misalnya. Sudah ada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). ’’Tinggal fungsinya dikuatkan. Taruh orang yang tepat di pos tersebut. Bisa juga diisi anak-anak muda,” tandas Ari. (jpnn)

Loading...