4 Manfaat Jahe bagi Penderita Asma


FAJAR.CO.ID– Bisa jadi selama ini manfaat jahe kurang dilirik oleh penderita asma. Padahal jahe memiliki manfaat yang besar bagi mereka yang mengidap gangguan pernapasan ini. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale ini, kini bisa dikonsumsi dalam bentuk jahe segar, jahe kering, awetan jahe, jahe bubuk, minyak jahe hingaa oleoresin jahe.Terdapat tiga jenis jahe yang populer di pasaran, yaitu jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah. Namun secara umum, setiap jenis jahe memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.Manfaat konsumsi jahe secara rutinJahe dianggap aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang signifikan jika dikonsumsi dalam kadar batas normal. Efek samping yang dapat ditimbulkan antara lain adalah kembung, mual dan naiknya asam lambung.Tidak hanya di Indonesia, konsumsi jahe juga sangat digemari hingga ke tingkat internasional karena efeknya yang begitu baik bagi kesehatan, tidak terkecuali bagi penderita asma.Orang dengan riwayat asma pasti kerap mengalami batuk, bersin dan sesak napas, terlebih ketika sedang mengalami serangan asma akut.Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan mengenai manfaat jahe bagi penderita asma, konsumsi jahe dipercaya dapat menurunkan gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita asma dengan cara kerja sebagai berikut:

1. Menurunkan reaksi alergi

Meskipun cara kerja jahe bagi kesehatan penderita asma masih belum diketahui dengan jelas, namun jahe dapat membantu menurunkan reaksi alergi dengan menurunkan kadar Imunoglobulin E (IgE) dalam tubuh penderita asma.

2. Menurunkan proses peradangan

Ketika seseorang mengalami serangan asma, sel-sel radang dalam tubuh akan bekerja untuk mendukung proses reaksi alergi yang terjadi. Rangkaian ini dipercaya dapat dihambat dengan kandungan anti radang dari jahe yang dikonsumsi.

3. Melepaskan antioksidan dalam tubuh

Selain berbagai manfaat di atas, kandungan antioksidan dalam jahe juga dipercaya dapat menurunkan risiko angka kekambuhan bagi penderita asma.

4. Merelaksasi otot pernapasan

Konsumsi jahe dapat melegakan otot pernapasan dengan relaksasi bronkus pada paru-paru. Hal yang sama juga disampaikan pada salah satu jurnal yang diterbitkan oleh American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology. Dikatakan bahwa jahe dapat membantu menurunkan reaksi peradangan atau inflamasi pada saluran pernapasan yang sering dijumpai pada penderita asma ketika serangan akut terjadi.

Komentar

Loading...