4 Manfaat Jahe bagi Penderita Asma

Amankah dikombinasikan dengan obat dokter?

Penderita asma pada umumnya memiliki obat rutin yang haru dikonsumsi setiap hari sesuai dengan saran dokter. Meskipun jahe dianggap memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, termasuk bagi penderita asma, namun penelitian medis mengenai kombinasi konsumsi jahe dengan obat dokter masih belum begitu banyak.

Namun, jika ingin mengonsumsi jahe sebagai salah satu terapi pendukung pengobatan asma selain obat dokter, sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani.

Hingga kini masih belum ada penelitian uji klinis yang mendasari tindakan untuk kombinasi jahe dengan obat dokter. Meskipun begitu banyak khasiat jahe yang telah diketahui, tetap harus melalui uji klinis untuk menjadikan jahe sebagai salah satu terapi untuk asma.

Selain itu, efek samping maupun interaksi jahe dengan obat yang dikonsumsi oleh penderita asma juga harus menjadi pertimbangan.

Meskipun manfaat jahe bagi penderita asma cukup banyak, tapi sebaiknya tetap lakukan terapi sesuai dengan petunjuk dokter, serta hindari berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya serangan asma, dibantu dengan konsumsi obat rutin yang disarankan oleh dokter. Bila Anda ingin mengonsumsi jahe boleh-boleh saja, tapi jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...