Jaringan Diresmikan Ganjar, Kutabawa Kini Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Jumat, 12 Juli 2019 - 18:38 WIB
foto: rmoljateng

FAJAR.CO.ID, PURBALINGGA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan jaringan air bersih di Dusun Bambangan Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (12/7).

Jaringan air bersih tersebut merupakan proyek infrastruktur yang dikerjakan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinrumkim) Kabupaten Purbalingga tahun anggaran 2017-2018.

Ganjar mengatakan, air bersih merupakan kebutuhan yang mendasar sehingga harus terpenuhi. Menurutnya, dengan terbangunnya jarian air bersih tersebut warga Kutabawa dan sekitarnya tidak akan kekurangan air bersih lagi sehingga kualitas hidup akan terjaga.

“Untuk warga Kutabawa sekarang bisa mandi-mandi, air minum dengan tidak jalan sampai berkilo-kilo lagi,” kata Ganjar.

Dia menambahkan, pengelolaan jaringan air bersih harus diperhatikan dengan baik dan jangan sampai disalahgunakan. Penyalahgunaan tentang hal tersebut menurut Ganjar akan berhadapan dengan hukum dan harus dipertanggungjawabkan.

Anggaran yang tidak sedikit menurut Ganjar harus benar-benar digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Saya yang ngancem kalau ada penyelewengan dan nanti pasti berhubungan sama polisi dan jaksa. Makanya anggaran yang tidak sedikit ini harus digunakan benar-benar untuk masyarakat,” imbuhnya.

Kutabawa merupakan wilayah langganan kekeringan jika memasuki musim kemarau sehingga dengan terbangunnya jaringan air bersih tersebut Ganjar berharap permasalahan kekeringan di Kutabawa bisa teratasi.

Jaringan air bersih itu sudah bisa digunakan oleh warga kurang lebih tiga bulan berjalan dan mampu memenuhi kebutuhan air bersih ratusan rumah tangga.

“Ini saya tadi tanya pak Kades katanya sudah tiga bulan berjalan air bersih ini bisa digunakan. Alhamdulillah mudah-mudahan kawasan langganan kekeringan ini bisa menggunakan air bersih terus,” ujarnya.

Kabid Pemukiman Dinrumkim, Silas Rumanti yang ditemui seusai acara menuturkan, pada tahun 2018 nilai proyek tersebut yang berhasil terlelang adalah Rp2,244 M.

Pembangunan jaringan air bersih tersebut bisa melayani tiga dusun di dua Desa yaitu Dusun IV dan V Desa Kutabawa serta Dusun Gunungmalang Desa Serang.

“Bisa melayani sekitar 780 rumah tangga dengan rincian Dusun Bambangan 200, Dusun Kutabawa 150 dan Dusun Gunungmalang 430 rumah tangga,” pungkasnya. [hen/rmoljateng]