Kabinet Jokowi Tidak Semua Menteri Bakal Wajah Baru

FAJAR.CO.ID,JAKARTA--Parpol-parpol boleh saja meminta jatah kursi menteri sebanyak-banyaknya. Namun, Presiden Jokowi sudah memutuskan untuk membuka pintu lebar-lebar bagi para profesional. Porsi untuk kalangan nonparpol itu cukup besar. Komposisinya bahkan hampir imbang dengan menteri dari unsur parpol.

“Ya kira-kira komposisi menterinya 60:40 atau 50:50. Kira-kira itu.’,” ujar Jokowi saat dimintai konfirmasi setelah membuka Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, kemarin (12/7).

Namun, dia belum memerinci kelompok mana yang mendapat porsi 60, 50, dan 40 persen itu. Mantan wali kota Solo tersebut hanya menyampaikan bahwa dirinya sudah memiliki blueprint sosok calon menteri. Dia juga memastikan bahwa tidak semua menteri akan dirombak. Menteri-menteri yang saat ini menjabat juga berpeluang melanjutkan kiprah mereka kembali.

“Banyak (menteri bertahan, Red),” katanya. Namun, Jokowi juga belum memastikan siapa menteri yang dipertahankan. Saat ini pihaknya masih mengkaji dan menyerap masukan dari partai-partai politik. Termasuk usul mengakomodasi menteri-menteri muda.

Jokowi juga mempertimbangkan segala dinamika yang terjadi di luar. Salah satunya mengenai menteri-menteri yang terseret kasus hukum. “Ya, nanti dilihat. Semua hal mesti kami pertimbangkan,” tegasnya.

Disinggung soal mulai banyaknya partai pengusung yang meminta jatah menteri, dia menyatakan tidak mau ambil pusing. Menurut Jokowi, permintaan itu merupakan hal biasa. “Ya nggak papa mau minta 10 menteri, mau minta 11, mau minta 9. Kan nggak papa. Wong minta aja,” katanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...