Nitro Edukasi Masyarakat Desa Bangun Bumdes

Sabtu, 13 Juli 2019 - 16:51 WIB
?

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-– Institut Bisnis dan Keuangan Nitro, menggelar kuliah umum pemanfaatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Di lantai 2 Kampus Nitro Jl Abdurrahman Basalamah, Sabtu,13 Juli.

Menggandeng Masyarakat yang tergabung dalam forum komunikasi dan pengembangan Bumdes Kabupaten Bone, Nitro memberikan edukasi materi berupa bagaimana menjadi lokomotif ekonomi desa.

Ketua Institut Bisnis dan Keuangan Nitro, Marzuki DEA mengatakan kuliah umum ini, mengulas tentang pengembangan Bumdes berbasis ekonomi bisnis. Namun membangun Bumdes butuh pemahaman.

Kata dia, hal inilah yang dilakukan Nitro bersama pemerintah Sulsel mengedukasi melalui kuliah umum kepada forum pengembangan dan Komunikasi Bumdes Bone.

“Nitro menggaet Bone karena memang Bone memiliki banyak potensi usaha dan pengusaha, kedepannya setelah Bone IBK Nitro akan mengaet daerah lain,”ucapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulsel,Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan secara umum Bumdes memang bisa meningkatkan tingkat kesetaraan ekonomi desa.

Lewat masyarakat dan pemerintah desa melalui usaha bersama tim. Tercatat saat ini di Sulsel ada 2255 desa, namun baru 1700 yang memiliki bumdes.

Maka untuk membangun bumdes, butuh langkah untuk meminjam modal. Tetapi dalam peminjaman modal ini kata dia, kadang membawa kesalahan, bahkan ada yang menyalah gunakan anggaran.

“Sehingga tak jarang masyarakat meminjam kepada rentenir untuk bangun usaha karena anggaran salah maka untuk meluruskan ini memang butuh kuliah umum bagi warga,”ucapnya.

Kedepannya akan ada rencana Nitro mengandeng kabupaten lain dalam kuliah umum pemanfaatan Bumdes. Apalagi akan dan membina desa bersama dengan pemerintah dan perguruan tinggi lainnya.(wis)

loading...