Pemberangkatan TKI Tujuan Malaysia Dicanangkan Lewat Polman

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, POLMAN— Embarkasi dan Debarkasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tujuan Malaysia didorong melalui Pelabuhan Tanjung Silopo, Polman. Untuk wilayah Sulawesi ditarget berjalan September 2019.

Kepala Dinas Perhubungan Sulbar, Khairuddin Anas, mengatakan, persiapan untuk melalui pelabuhan tersebut sudah dicanangkan sejak tahun lalu. “Sebelum dilakukan pemberangkatan perdana pada September mendatang, pelayanan terintegrasi terlebih dahulu diadakan,” ujarnya, kemarin.

Jadi mulai dari pelayanan kependudukan dan catatan sipil hingga kesehatan akan tersedia. Sehingga TKI sudah bisa menyelesaikan administrasi di area pelabuhan.

Tidak hanya itu, pembentukan Polsek juga sudah diusulkan. Tetapi, untuk sementara kemungkinan besar hanya pos penjagaan khusu dari kepolisian demi menjamin keamanan.

Selain itu, keterlibatan pihak imigrasi, beacukai dan karantina juga sudah disiapkan. Sehingga beacukai mengusul untuk PelabuhanSilopo ditetapkan kawasan Pabeang. “Tinggal perampungan administrasi, fasilitas sudah Memadai,” bebernya.

Ketua Umum Yapinus, Firdaus Atawuwur sebagai fasilitator TKI Sulbar, mengutarakan, pada september mendatang kapal dengan kapasitas 1.450 orang siap berlabu. “Tinggal menunggu penetapan rute,” ucapnya. Untuk penetapan rute dari Indonesia telah selesai. Tinggal menunggu dari pejabat laut Malaysia sebagai penerbit. (sal)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...