Prabowo Beri Sinyal Siap Masuk Kabinet, Begini Kata Jokowi

Sabtu, 13 Juli 2019 - 13:27 WIB
Prabowo Beri Sinyal Siap Masuk Kabinet, Jokowi Bicara dengan KoalisiPresiden Jokowi saat bertemu Prabowo Subianto di Stasiun MRT, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA–Pascapilpres 2019, isu bergabungnya partai Gerindra ke pemerintahan santer terdengar. Meskipun saat kontestasi Pilpres berlangsung mereka menjadi saingan utama, tapi bukan berarti partai berlambang kepala burung garuda itu tidak bisa menyeberang.

Namun, saat Prabowo Subianto bertemu Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) hari ini dan menaiki MRT dari stasiun MRT Lebak Bulus menuju stasiun Senayan Jakarta, mantan Danjen Kopassus itu bahkan menyatakan dengan tegas siap membantu pemerintahan dalam upaya membangun bangsa.

Akan tetapi, Prabowo juga tidak mengelak bisa saja mengkritisi pemerintahan. Hal ini dianggapnya bagian dari sebuah demokrasi yang dianut oleh bangsa Indonesia. “Jika dibutuhkan kami siap membantu untuk kepentingan rakyat. Tapi kalau kami mengkritisi saya minta maaf pak, karena demokrasi butuh ceck and balance,” ujar Prabowo di stasiun MRT Senayan Jakarta, Sabtu (13/7).

Saat didalami, Prabowo memang tidak menegaskan secara langsung akan membantu pemerintahan dengan bergabung di kabinet. “Di mana saja, oposisi juga siap,” ucapnya.

Sementara itu, Jokowi mengatakan terkait memasukan partai oposisi ke pemerintahan harus melalui proses internal. Semuanya harus dibicarakan dengan partai koalisi. Dia tidak bisa memutuskan sepihak.

“Mengenai pembahasan koalisi saya harus ngomong apa adanya. Saya harus juga merundingkan mendiskusikan dengan sahabat-sahabat di Koalisi Indonesia Kerja. Saya kira pak Prabowo juga melakukan hal sama,” pungkasnya. (jpc)

Loading...