Kerja Sama Korsel, Indonesia Bangun Pusat Produksi Obat Anti-Kanker

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pengobatan pasien kanker di Indonesia terus berkembang seiring canggihnya teknologi. Begitu juga kemudahan bagi pasien kanker dalam mendapatkan obat-obatnya.

Namun, bahan baku farmasi di Indonesia masih didominasi oleh bahan baku impor. Salah satunya Chong Kun Dang Pharmaceutical Corp (CKD Pharma), yang merupakan salah satu perusahaan farmasi asal Korea Selatan.

CKD Pharma hadir di Indonesia menggandeng OTTO Pharmaceutical, anak usaha dari MENSA Group sebagai partner lokal. Kerja sama itu fokus pada produk obat onkologi atau anti-kanker yang berupa injeksi dalam bentuk cair dan bubuk.

CKD OTTO Pharma telah mendapatkan sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada September 2018. Di tahun yang sama, juga memperoleh sertifikat manufaktur untuk obat-obatan dari Kementerian Kesehatan RI.

“Terlebih lagi, pada Februari 2019, CKD OTTO Pharma telah menerima sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia yang menjadikan kami perusahaan farmasi pertama untuk produk onkologi dengan sertifikasi halal di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT CKD OTTO Pharma Baik In Hyun, dalam keterangan tertulis, Minggu (14/7).

Pada 2016, CKD OTTO Pharma membangun fasilitas produksi onkologi di Cikarang, Jawa Barat dan diresmikan pada 9 Juli 2019 oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek. Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Chang Beom Kim, Kepala Badan POM Penny K. Lukito.

Fasilitas baru ini telah memenuhi pedoman EU-GMP (standarisasi eropa) dan memiliki kapasitas produksi tahunan 1,6 juta vial, dengan total investasi sebesar USD 30 juta.

“CKD OTTO Pharma menargetkan untuk menguasai 30 persen pangsa pasar obat anti kanker di Indonesia dalam lima tahun ke depan dan menjadikan fasilitas di Indonesia sebagai basis produksi untuk target pasar di Timur Tengah dan Afrika Utara,” ujar Baik In Hyun. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...