7 Manfaat Olahraga Panjat Tebing

Senin, 15 Juli 2019 - 10:47 WIB

FAJAR.CO.ID– Olahraga panjat tebing umumnya dilakukan di alam terbuka yang dipenuhi oleh tebing-tebing tinggi. Namun, Anda juga bisa memanjat dinding tebing buatan (indoor climbing atau wall climbing) yang biasanya tersedia di gelanggang olahraga atau di tempat khusus untuk olahraga ini.

Banyak otot yang bekerja ketika melakukan panjat tebing, baik otot tubuh bagian atas maupun bawah, termasuk punggung, perut, bahu, lengan, dan tungkai.

Bahkan, jari-jari Anda pun ikut terlatih saat memanjat tebing. Jika dilakukan secara teratur, panjat tebing bisa meningkatkan stamina, fleksibilitas dan kelincahan tubuh, serta otot-otot tubuh menjadi lebih kuat. Berikut ini beberapa manfaat panjat tebing untuk kesehatan, seperti dilansir laman Virginmediatelevisions, Minggu (14/7).

1. Latihan yang bagus

Tua atau muda, kita semua harus terus bergerak, dan memanjat tebing menggunakan banyak kelompok otot, bekerja baik di tubuh bagian atas dan bawah. Selain meningkatkan stamina dan kekuatan, melakukan panjat tebing yang teratur juga bisa meningkatkan fleksibilitas dan kelincahan.

2. Bisa meningkatkan kesehatan mental

Aktivitas fisik dalam bentuk apa pun bisa meningkatkan kesejahteraan kita, jadi nikmatilah kenyataan bahwa langkah pertama Anda pada cengkeraman bisa meningkatkan rasa harga diri yang lebih besar, kontrol diri, dan kemampuan untuk bangkit menghadapi tantangan – bahkan jika itu terasa menakutkan Anda.

3. Ini adalah kegiatan keluarga

Tidak ada yang menyarankan Anda untuk memanjat sendirian, jadi ini adalah pengalaman sosial, dan karena cocok untuk segala usia, Anda bisa melibatkan anak-anak, serta teman hidup dan orang tua Anda.

4. Pendakian menantang Anda secara fisik dan mental – dengan cara yang menyenangkan

Siapa pun yang kurang koordinasi bisa menemukan olahraga yang rumit. Tetapi memanjat membangun kekuatan dan stabilitas ekstremitas atas, jadi Anda hanya perlu fokus untuk bergerak naik, turun dan menyeberang untuk mendaki puncak. Ini juga bagus untuk otak, saat Anda mencari jalan keluar ke puncak.

5. Ini adalah olahraga bebas gym

Panjat dinding bisa terasa sangat menyegarkan dan membangkitkan semangat, sekaligus juga merupakan bentuk latihan kardiovaskular yang baik..

6. Risiko cedera lebih kecil

Tentu saja, kita tidak berbicara tentang pendakian yang sulit seperti El Capitan, tetapi menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Sports Medicine, pendakian di dalam ruangan memiliki cedera paling sedikit per 1.000 jam partisipasi, dibandingkan dengan olahraga utama lainnya. Jadi, ini adalah aktivitas yang cukup aman untuk semua.

7. Anda bisa membawanya ke level berikutnya

Jika Anda ingin mendorong diri sendiri, Anda bisa menuju ke alam terbuka. Klub panjat tidak hanya akan membantu Anda maju ke tingkat berikutnya, tetapi mereka juga akan membuka dunia baru yang penuh calon mitra panjat, dan pada saatnya, siapa yang tahu formasi batu mana yang bisa Anda panjat dan turunkan. (jpnn)