FKIK UIN Alauddin Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Takalar

Senin, 15 Juli 2019 - 16:15 WIB
FKIK UIN Alauddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Manggarabombang, Kabupaten Takalar, akhir pekan lalu.

Kegiatan ini melibatkan seluruh civitas akademika FKIK UIN Alauddin Makassar bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Takalar. Hadir Ketua PKK, ibu-ibu PKK, kader kesehatan, Camat Manggarabombang, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, serta Kepala Dinas Kesehatan Kab. Takalar.

Ketua Panitia, Dr. Nur Hidayah, S.Kep., Ns., M.Kes mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan kekeluargaan antara civitas akademika FKIK UIN Alauddin Makassar dengan masyarakat Kab. Takalar serta memberikan informasi dan pelayanan secara langsung kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah pengimplementasian ilmu dan keterampilan kesehatan.

“Kami ada beberapa jenis kegiatan kemarin. Seperti pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kolesterol, dan glukosa; penyuluhan kesehatan; sosialisasi produk halal; pijat bayi; pemeriksaan fisik ibu hamil dan pemeriksaan laboratorium; dagusibu obat; dan sunat modern massal,” ungkapnya, Senin, (15/07/2019).

Wakil Dekan Bidang Akademik FKIK UINAM ini menambahkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dirangkaikan dengan family gathering FKIK UINAM untuk mempererat silaturahmi antar civitas akademika. Pihaknya bersyukur karena pengabdian ini disambut dengan begitu antusias warga sekitar.

“Hal ini dapat dilihat dari banyaknnya masyarakat yang hadir dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan. Kami juga memberikan demo pembuatan roti sehat dan halal kepada ibu PKK dan ibu rumah tangga yang hadir dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam membuat usaha kecil dan menengah serta peningkatan gizi masyarakat,” bebernya.

Ketua PKK, Dr. Hj. Irma Andriani, M.Si mewakili Bupati Takalar menyampaikan bahwa Bupati Takalar sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada FKIK UINAM karena kegiatan ini dapat dilakukan di Kab. Takalar.(fik).