KKN PPM Siap Jalankan Pembuatan Jamban Tripikon dan Filtrasi Air Bersih

FAJAR.CO.ID, PANGKEP— Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Pangkep menggelar sosialisasi program kerja. Berlangsung di Aula kantor Desa Bontomanai, kecamatan Labakkang. Senin (15/07/2019).

Dihadiri oleh kepala desa Bontomanai Andi Sempusia, BPD, Babinsa, Perangkat Desa, TP PKK, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh pendidik, tokoh masyarakat dan sejumlah masyarakat desa Bontomanai.

Sementara, mahasiswa KKN-PPM didampingi oleh Tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) diantaranya Dr. Muhammad Yusri Bachtiar, M.Pd., Prof. Dr. Ir. Bakhrani Rauf, M.T., dan Rahmansah, S.Pd., M.T.

Koordinator Desa, Bahtiar memaparkan program kerja yang akan dijalankan selama melakukan pengabdian yakni, pembuatan jamban tripikon dan filtrasi air bersih serta sejumlah program kerja tambahan, seperti, kerja bakti gotong royong kebersihan lingkungan, perayaan HUT RI ke 74, seminar kewirausahaan, pemasangan papan PKK, dan penataaan halaman SD 4 Kabirisi.

Rahmansah, S.Pd., M.T. selaku DPL menyampaikan, pembuatan jamban tripikon dan filtrasi air bersih adalah program kerja utama mahasiswa KKN-PPM UNM yang dilaksanakan secara bersama-sama dengan masyarakat desa Bontomanai.

“Membuang tinja pada jamban yang menggunakan septictank tripikon lebih ramah terhadap lingkungan dari pada membuang tinja pada jamban tanpa septictank,”ungkapnya.

Tripikon adalah septictank dengan tiga pipa pvc yang dipasang secara konsentris untuk mengurai tinja. Filtrasi air bersih dapat dibuat secara sederhana dengan memanfaatkan material lokal yang dapat menyediakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Camat Labakkang, Muhammad Husni Rahman, SE. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UNM, Prof. Dr. Husain Syam, M.TP. telah menjalin kerja sama pemerintah Kabupaten Pangkep. Menurutnya, KKN-PPM sebagai salah satu bentuk realisasi kerja sama Pemerintah Kabupaten Pangkep dengan UNM.

Ia berharap, Kecamatan Labakkang sebagai wilayah kecamatan terluas di kabupaten Pangkep memiliki berbagai potensi yang membutuhkan sentuhan teknologi dari perguruan tinggi seperti UNM sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. (aas-rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...