Masih Nganggur, Mourinho Belajar Bahasa Jerman

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LONDON—Jose Mourinho mengirim kode terkait masa depannya setelah menganggur selama tujuh bulan pasca dipecat Manchester United. Ia memberi isyarat bisa bekerja di Bundesliga, Jerman. Sekarang ia sudah belajar bahasa Jerman.

Pelatih berjuluk The Special One itu harus meninggalkan Old Trafford Desember lalu setelah MU gagal bersaing di Premier League. Sejak itu, ia dikait-kaitkan dengan sejumlah klub, termasuk Real Madrid dan Benfica.

Akan tetapi, hingga hari ini, eks pelatih Madrid, Chelsea, Inter Milan, dan FC Porto itu belum juga punya klub baru. Ini sedikit mengejutkan lantaran statusnya sebagai salah satu pelatih terbaik dunia dengan dua gelar Liga Champions.

Mengingat musim 2019/2020 sudah akan dimulai Agustus mendatang dan tidak ada lagi posisi pelatih klub elite yang lowong, ia pun diprediksi akan tetap menganggur. Namun, dalam wawancara terbarunya, Mou memberi indikasi ia sedang mempersiapkan diri ke Jerman.

“Saat ini saya sedang belajar bahasa Jerman karena itu satu-satunya bahasa yang saya lewatkan. Saya berbicara bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Prancis, dan Italia. Lalu, tentu saja, aku tidak akan mengesampingkan apa pun, bahkan Jerman,” kata Mourinho ketika ditanyai tentang kariernya oleh Gazzetta dello Sport.

Sebagai pelatih elite, hanya ada dua klub yang kemungkinan bisa menjadi tujuan Mourinho di Bundesliga, yakni Bayern Munchen dan Borussia Dortmund. Tapi, dengan ambisi Bayern dan ketidakpuasan mereka pada Nico Kovac musim lalu, Allianz Stadium kemungkinan lebih masuk akal meski itu bisa terjadi setelah musim berjalan.

Manajer top lainnya yang juga masih menganggur adalah Arsene Wenger. Pelatih berjuluk Sang Profesor itu harus meninggalkan Arsenal yang dilatihnya selama 22 tahun pada akhir musim 2017/2018 setelah kontraknya tidak diperpanjang lantaran gagal meloloskan The Gunners ke Liga Champions.

Seperti halnya Mourinho, Wenger belum diketahui akan berlabuh dimana. Kendati demikian, akhir Juni lalu ia menegaskan dirinya terbuka untuk kembali ke Premier League Inggris. Ia sempat dikait-kaitkan dengan Newcastle United yang ditinggalkan Rafael Benitez, namun sang pelatih membantahnya.

“Tidak dalam waktu dekat, tidak. Saya masih belum siap untuk kembali. Saya pikir ya tapi saya tidak berpikir saat ini saya akan kembali. Saya sekarang lebih terbuka daripada setahun yang lalu untuk membicarakan hal itu tetapi saya tidak bisa memberi tahu Anda bahwa dalam dua atau tiga hari ke depan saya akan masuk ke manajemen lagi,” katanya kepada France 24.

Wenger yang juga sempat dikaitkan dengan pekerjaan di Real Madrid awal musim lalu menegaskan, keinginannya untuk melatih masih sangat besar. “Aku masih perlu sedikit waktu dan kemudian mungkin membuat keputusan,” tegasnya.

Berbeda dengan Mourinho dan Wenger, pelatih top Italia, Massimiliano Allegri sudah mengumumkan akan istirahat selama satu musim setelah dipecat Juventus. Eks pelatih AC Milan itu mengambil keputusan ini karena tidak ada tawaran bekerja dari klub mana pun.

Allegri mengakhiri kerjasama dengan Juventus setelah bekerja di Turin selama lima musim. Bersama Si Nyonya Tua, ia mempersembahkan lima scudetto dan empat trofi Coppa Italia. Ia harus meninggalkan posisinya lantaran dianggap tidak mampu mempersembahkan trofi Liga Champions. Prestasi terbaik Allegri di Liga Champions adalah dua penampilan di final dimana Juventus dikalahkan Barcelona dan Real Madrid. (amr)

 

PRESTASI MOURINHO

FC Porto

Primeira Liga: 2

Liga Champions: 1

Liga Europa: 1

Chelsea

Premier League: 3

Piala FA: 1

Piala Liga Inggris: 3

Community Shield: 1

Inter Milan

Serie A: 2

Coppa Italia: 1

Supercoppa Italiana: 1

Liga Champions: 1

Real Madrid

La Liga: 1

Cope del Rey: 1

Piala Super Spanyol: 1

Manchester United

Piala Europa: 1

Piala Liga Inggris: 1

Community Shield: 1

ARSENE WENGER

AS Monaco

Divisi 1: 1

Coupe de France: 1

Arsenal

Premier League: 3

Piala FA: 7

Community Shield: 7

Liga Champions: 1 runner up

MASSIMILIANO ALLEGRI

AC Milan

Serie A: 1

Supercoppa Italiana: 1

Juventus

Serie A: 5

Coppa Italia: 4

Supercoppa Italiana: 2

Liga Champions: 2 runner up

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment