Tim PKM Kimia Unhas Ajarkan Pembuatan Kecap dari Air Kelapa

Senin, 15 Juli 2019 - 09:28 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Tim pengabdian masyarakat departemen kimia Unhas yang diketuai Hasnah Natsir, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Mattiro Deceng, Kabupaten Pinrang.

Menurut Hasnah Natsir, kegiatan ini diselenggarakan merujuk pada potensi perkebunan yang cukup besar, salah satunya komoditas buah kelapa yang terdapat di Kabupaten Pinrang terkhusus di Kelurahan Matiro Deceng.

Selain itu, pemanfatan potensi kelapa di kelurahan Mattiro Deceng belum begitu maksimal. Selama ini air kelapa hanya digunakan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat, namun kadang dibuang ketika jumlahnya berlebih.

Pelatihan dibuka secara langsung oleh Lurah Mattiro Deceng, Andi Samsul. Beberapa perwakilan kelompok PKK yang hadir dari kelurahan lain antara lain Pammase, Marawi, Fakkie, dan Tiroang. Tercatat sekitar 43 ibu-ibu PKK hadir dalam kegiatan tersebut.

Presiden Napoli Bikin Madrid Kesal

Ultah ke 54, Kepala LPMP Sulsel Dapat Surprise di SMPN 2 Barru

Meledak-ledak, Gubernur Sulsel Nyaris Terkena Percikan Api

Pada pelaksanaannya, ibu-ibu PKK tersebut diberikan pengetahuan manfaat dari air kelapa bagi kesehatan dan bagaimana cara pembuatan kecap berbahan dasar kelapa dengan pengawet kitosan tersebut. Demonstrasi pembuatan kecap secara langsung dilakukan oleh Tim PKM Kimia Unhas dengan bahan-bahan yang cukup mudah diperoleh di pasar tradisonal antara lain air kelapa, keluwak, pekak, garam, gula merah, dan bubuk tempe/kedelai. Proses pembuatannya pun cukup mudah dengan peralatan yang sederhana dan praktis.

Sementara, Lurah Mattiro Deceng, Andi Samsul memberikan apresiasi yang begitu tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan ini, sebab memberikan pengetahuan baru bagi warga tentang pengembangan sumber daya alam lokal daerah terutama pemanfaatan air kelapa dengan pendekatan teknologi, sehingga memberikan ruang bagi pengembangan sektor kewirausaan warga desa.

Secara terpisah, Ketua TP PKK Tiroang yang juga merupakan ibu Camat Tiroang, Sanawiah berharap kegiatan semacam ini dapat dilakukan kembali di kelurahan lain yang ada di Kecamatan Tiroang, “Karena kegiatan semacam ini berdampak pada penyelesaian problem dalam masyarakat terutama terkait dengan pengembangan potensi SDA dan SDM di kecamatan tiroang,” tutupnya. (ind)

loading...