5 Resep Kayu Manis, Khasiatnya Sudah Dirasakan Sejak 5.000 Tahun Lalu

Selasa, 16 Juli 2019 - 10:47 WIB

FAJAR.CO.ID– Aroma kayu manis yang khas bisa menambah sedapnya masakan. Rempah yang banyak ditemui di daerah tropis itu biasanya digunakan masyarakat sebagai bumbu penyedap dalam hidangan bercita rasa manis maupun gurih.

Kulit pohon Cinnamomum verum yang menurut penelitian sejarah sudah digunakan masyarakat Mesir kuno sejak 5000 tahun lalu itu juga bermanfaat sebagai obat. Karena sarat dengan antioksidan dan sifat antibiotik, kayu manis dapat bekerja ajaib jika dikonsumsi setiap hari.

Tak hanya makanan, kayu manis juga bisa menjadi pelengkap aroma penyedap minuman hangat. Cukup campurkan kayu manis dalam secangkir teh atau kopi untuk menambah manfaatnya. 

Dilansir dari YourTango, Selasa (16/7), ada beberapa manfaat kesehatan kayu manis, yaitu:


1. Bantu Sembuhkan Batuk dan Pilek

Influenza yang biasa dibarengi dengan tenggorokan gatal dan hidung berair bisa diredakan dengan menambahkan sedikit kayu manis dalam air hangat plus setetes madu murni. Untuk mengurangi hidung tersumbat, seseorang juga dapat merebus kayu manis dan menghirup uapnya.



2. Menurunkan Berat Badan

Kayu manis dapat membantu meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya bisa menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Kekebalan

Dikemas dengan antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins, kayu manis memberi dorongan pada sistem kekebalan. Sifat antivirus, antibakteri dan antijamur membantu mengurangi berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan, masalah jantung, dan lainnya.

4. Penyembuhan Kram Menstruasi

Menurut sebuah penelitian di Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, perempuan yang mengonsumsi kayu manis mengalami rasa sakit haid yang lebih ringan. Secangkir air kayu manis hangat setiap hari dapat membantu mengurangi efek kram menstruasi.

Karena itu, cobalah berbagai resep kayu manis yang nikmat seperti roti gulung dan pancake hingga kue dan muffin kayu manis. Resep ini sangat mudah dicoab dan bisa diolah di rumah.

1. Adonan Kayu Manis

Resep kayu manis yang hangat dan lezat bisa menemani secangkir teh dengan sempurna. Adonan kayu manis ini dapat dengan mudah dibuat di rumah. Dalam waktu lebih dari setengah jam, Anda dapat menikmati adonan kayu manis yang terbuat dari tepung, gula, mentega, susu, bubuk kue, dan kayu manis.

2. Apple Cinnamon Muffins

Muffin kayu manis apel hadir dengan campuran tepung, gula, baking powder, kulit jeruk dan pala yang dikombinasikan dengan apel, yogurt, dan telur, dipanggang dan disajikan dengan hiasan campuran gula kayu manis.

3. Koktail Kayu Manis

Campuran kayu manis dan jus apel yang diaduk dengan sirup kayu manis akan menjadi koktail yang lezat.

4. Cookie Star Kayu Manis

Resep kayu manis yang menyenangkan bisa dipanggang bersama anak-anak. Cookies ini hadir dengan kayu manis. Dibuat dengan campuran yang menarik dari tepung roti, dikocok dengan krim, soda, madu, glukosa, gula dan mentega, lalu digulung dan dibuat menjadi bentuk yang indah. Kemudian dipanggang untuk membuat kue cokelat keemasan.

4. Pancake Oatmeal Kayu Manis

Pancake ini dibuat dengan oat, buttermilk yang diaduk bersama tepung, baking powder, baking soda, kayu manis dan garam bersama dengan madu atau sirup maple. Resep sempurna untuk disiapkan sebagai pilihan sarapan sehat. (jp)