82 Pendaftar Lulus Pengumuman PPDB Daring, Namun Tidak Terdaftar di Sekolah

Selasa, 16 Juli 2019 - 00:32 WIB

FAJAR.CO.ID,SUNGGUMINASA — Wajah Fitrah S semringah. Namanya tercantum dan dinyatakan lulus pada pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring di SMPN 2 Sungguminasa. Hanya saja, saat mendaftar di sekolah tersebut, namanya tak tertera dalam lembaran pengumuman yang dipajang di sekolah itu.

Orang tua Fitrah meradang. “Nomor tes anak saya tidak ada dalam pengumuman sekolah. Padahal anak saya lulus pengumuman online,” ungkap ayah Fitrah, Muhammad Sahid S. Ia pun menanyakan persoalan itu kepada panitia PPDB SMPN 2 Sungguminasa. Akan tetapi, tidak mendapat jawaban.
“Saya hanya diarahkan ke kepala sekolah. Sampai Sabtu kemarin, belum ada kabar,” jelasnya Sahid.

Sahid tetap mengantarkan anaknya pada hari pertama sekolah Senin, (15/7). Mirisnya tak hanya Fitrah yang mengalami hal serupa. Total ada 82 murid yang namanya turut hilang.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Sungguminasa, Muh Irfan Mahmud membenarkan mengenai kejadian ini. Tetapi Irfan menyebut jika pengumuman daring tersebut bukanlah pengumuman tahap akhir. “Melainkan hanya pengumuman administrasi. Jadi belum lulus,” katanya.

Irfan menyebut ada kesalahan teknis dalam sistem PPDB online yang dikelola pihaknya. Menurutnya, siswa yang lulus hanya yang tertera pada pengumuman offline. “Tapi kami berupaya tetap menampung seluruh siswa sempat menerima pengumuman kelulusan, kami masukkan sebagai siswa tambahan,” bebernya. (ica/eds)