Cegah Gadis Agresif, Butuh Peran Ayah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Peran orang tua menentukan perilaku anak. Perempuan yang mudah jatuh cinta misalnya, disinyalir karena kekurangan kasih sayang ayah.

Psikolog Pendidikan dan Anak, Eva Meizara Puspita Dewi SPsi Msi menuturkan, bagi anak perempuan, ayah adalah cinta pertamanya. Sebaliknya, anak laki-laki menganggap ibu adalah cinta pertamanya.

Maka, sebisa mungkin ayah harus memberikan perhatian pada anak perempuannya. Seperti mengantar ke sekolah, menanyakan kabar, atau berdiskusi tentang apa yang dialami anak. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman bersama ayahnya dan tidak membutuhkan pelampiasan perhatian dari orang lain.

“Mengapa ada remaja perempuan yang mudah jatuh cinta, kemungkinan karena perhatian yang ingin didapatkannya tidak ada di rumah. Tidak diberikan oleh ayahnya, akhirnya ketika ada pria yang memberi perhatian maka akan mudah luluh,” terangnya.

Eva menambahkan, untuk sistem pendekatan pada anak, usia 7 hingga 9 tahun, ayah harus dekat pada anak laki-lakinya. Ketika anak sudah merasakan pubertas usia 9 hingga 15 tahun, harus lebih condong dekat dengan anak perempuan.

“Ketika usia 15 tahun, kembali lagi dekat pada anak laki-laki karena anak laki-laki sudah mulai mimpi basah. Peran ayah memberikan pengertian pada anak dan melatih anak agar tak melakukan hal menyimpang,” ungkapnya.

Ayah juga merupakan pemimpin keluarga. Untuk itu bersikap tegas adalah hal yang penting. Sikap tegas yang dimaksud, ayah konsisten dengan apa yang diucapkan kepada anak. Seperti ketika meminta anak untuk tidak melakukan hal tertentu, atau ketika anak memaksakan hingga menangis, ayah harus tetap mengatakan tidak.

Senada, Psikolog Pendidikan dan Anak, Universitas Hasanuddin, Nirwana Permatasari SPsi SH MPd MPsi Psikolog mengatakan, salah satu manfaat besar yang dapat diperoleh anak perempuan yang dekat dengan ayahnya adalah kedekatan emosional. Dengan demikian, anak akan tumbuh menjadi wanita yang kuat dan percaya diri. (ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...