Dani Alves, Si Tua-tua Keladi yang Jadi Rebutan Klub Raksasa

Selasa, 16 Juli 2019 - 12:11 WIB
Dani Alves/EPA

FAJAR.CO.ID, RIO DE JANEIRO—Usianya memang sudah 36 tahun. Namun, kapten tim nasional Brasil, Dani Alves belum habis. Di bursa transfer musim panas ini, Si Tua-tua Keladi ini bahkan masih laris dan jadi rebutan klub raksasa Eropa.

Setelah meninggalkan Paris saint Germain (PSG), 1 Juni lalu, ada enam klub besar dikait-kaitkan dengan pemain bernama lengkap Dani Alves Da Silva itu. Keenam klub tersebut adalah Barcelona, Sevilla, Atletico Madrid, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Manchester City.

Status bebas transfer menjadi alasan klub-klub tersebut memburu tandatangan Alves. Selain itu, pemain kelahiran 6 Mei 1983 itu memang masih mampu menunjukkan performa menawan dan tetap dianggap sebagai salah satu bek kanan terbaik di dunia.

Pembuktian terbaru soal kemampuannya ia lakukan di Copa America 2019. Di turnamen itu, ia memimpin Selecao menjadi juara. Melengkapi performa hebatnya, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen.

Sebelum Copa America 2019, pemain berpostur 172 cm itu sudah menyatakan bahwa dia akan terus bermain. Hanya saja, Alves yang baru saja pulang berlibur dari Bali bersama istrinya sejauh ini belum membuat keputusan soal masa depannya.

Kembali ke Spanyol terlihat paling mungkin bagi Alves. Itu karena La Liga sudah menjadi panggung besar kesuksesannya. Seperti diketahui, Alves memenangkan enam gelar liga bersama FC Barcelona, ​​serta empat trofi Liga Champions. Manajer Barca, Ernesto Valverde dilaporkan terbuka untuk menawarkan pemain veteran kontrak satu tahun.

Atletico Madrid yang kehilangan Juanfran serta Lucas Hernandez juga membuka pintu lebar-lebar pada Alves. Dan kemungkinan keluarnya Filipe Luis musim panas ini akan membuat Los Rojiblancos bisa lebih serius mengejar tanda tangan bek veteran itu.

Mantan tim Alves lainnya, Sevilla CF, juga membuka kembali pintu masuk Estadio Ramon Sanchez Pizjuan. Akan tetapi, mereka hanya berada di urutan ketiga dalam antrean peminat kapten timnas Brasil tersebut di Spanyol.

Meski demikian, klub Premier League Inggris tidak bisa diremehkan dalam perburuan Alves. Apalagi, Liga Inggris sejauh ini menjadi satu-satunya kompetisi yang belum dimenangkan Alves. Jika ia ingin mencari tantangan baru dan melengkapi koleksi gelarnya di Eropa sebelum pensiun, Inggris jelas bisa jadi pilihannya.

City adalah klub Inggris yang paling berpeluang mendapatkan jasanya. Reuni dengan Pep Guardiola diprediksi akan bisa meyakinkan Alves untuk datang ke Etihad Stadium. Di City, Alves bisa bertarung dengan Kyle Walker untuk posisi bek kanan.

Arsenal yang tanpa pilihan pertama di sektor bek kanan setelah cedera Hector Bellerin juga tetap punya kans mendatangkan Alves. Sebab, Bellerin yang cedera parah dan harus menjalani operasi lutut kemungkinan besar masih akan menepi sampai Natal.

Sedangkan Spurs, mereka disebut-sebut menginginkan Alves untuk mengantisipasi kemungkinan kehilangan Kieran Trippier. Sejak akhir musim lalu, bek kanan Inggris itu diklaim ingin meninggalkan klub London tersebut. (amr)

 

Perjalanan Klub Alves

Bahia (2001-2002)

Sevilla (2002-2008)

Barcelona (2008-2016)

Juventus (2016-2017)

PSG (2017-2019)

PRESTASI ALVES

Bahia

Copa do Nordeste: 1

Sevilla

Copa del Rey: 1

Piala Super Spanyol: 1

Liga Europa: 2

Piala Super Eropa: 1

Barcelona

La Liga: 6

Copa del Rey: 4

Piala Super Spanyol: 4

Liga Champions: 3

Piala Super Eropa: 3

Piala Dunia Antar-klub: 3

Juventus

Serie A: 1

Coppa Italia: 1

PSG

Ligue 1: 2

Coupe de France: 1

Coupe de la Ligue: 1

Trophee des Champions: 2