Ini 2 Opsi Lintasan yang Akan Dipakai Formula E 2020 di Jakarta

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah mengumumkan ajang balapan bergengsi Formula E akan digelar di Jakarta pada 2020 mendatang. Keputusan ini bahkan disebutkan Anies sudah dilakukan survei oleh pihak penyelenggara lomba balap mobil listrik tersebut.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan sudah ada dua rute yang disetujui oleh penyelenggara untuk dijadikan lintasan. Lokasi akan terpusat di Jakarta Pusat, tepatnya di sekitar Monas.

“Sementara kita usulkan, kemarin itu dari penyelenggara ada 2 anternatif yang diambil,” ujar Syafrin saat dihubungi, Senin (15/7).

Syafrin menjelaskan, dua rute tersebut disetujui pihak penyelenggara setelah melakukan survei ke Jakarta pada 8 Juli lalu. Sebetulnya pemprov mengajukan 5 lintasan, namun hanya 2 lintasan yang dinilai memungkinkan.

“Sebenarnya mengusulkan 5 rute. Tapi kemudian dari penyelenggaran mendesain 2. Visiblenya 2 itu hanyakan mereka bahas disana. Dari situ tentu kira-kira apa yang bisa disetujui, kita akan mengikuti usulan mereka, dari penyelenggara,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait kondisi jalan berlubang maupun bergelombang, Dishub akan melakukan perbaikan sesuai standar Formula E. Namun, hal itu masih menunggu kepastian dari pihak penyelenggara.

Diketahui, Anies Baswedan melalui laman Facebook resminya memberikan kabar baik baik seluruh rakyatnya. Dia menyampaikan Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi kelas dunia, Formula E.

Tips Merawat Wajah Pria Terlihat Lembap dan Cerah

Kata Amien Rais, Jangan Sampai PAN Bergabung

Gini Rasio Turun Lambat, Ini Usul Ekonom untuk Menko Perekonomian

“Sebuah proses negosiasi dan persuasi yang panjang itu telah menemukan sebuah akhir yang indah. Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020,” ujar Anies, Minggu (15/7).

Hal ini dipastikan Anies selepas menghadiri World Cities Summit di Medellin, Kolombia, langsung terbang ke New York, Amerika Serikat, untuk menuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E. Di situ didapati penilaian bahwa Jakarta lebih dari layak menjadi salah satu tuan rumah balap mobil kelas dunia ini.

Formula E merupakan turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan Formula 1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi, dan diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara. (jp)

Berikut 2 lintasan yang telah mendapat persetujuan pihak Formula E:

1. Silang Monas Tenggara – MI Ridwan Rais – Tugu Tani – MI Ridwan Rais – Merdeka Selatan – Wisma Antara – Kedubes AS – Silang Monas Tenggara.

2. Silang Monas Selatan – belakang Gambir – Ridwan Rais – Merdeka Selatan – Bundara Patung Kuda – Silang Monas Selatan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...