Janji Higuain Ban Kapten, Roma Bakal Bergolak

Selasa, 16 Juli 2019 - 17:07 WIB
Gonzalo Higuain/EPA

FAJAR.CO.ID, ROMA—AS Roma belum menyerah memburu tandatangan bomber Juventus, Gonzalo Higuain. Upaya terbaru klub ibukota Italia itu adalah menawarkan ban kapten untuk penyerang berjuluk El Pipita tersebut.

Tawaran kapten ini sendiri akan memicu kontroversi baru di Roma. Pasalnya, selama beberapa dekade terakhir, ban kapten selalu diberikan kepada pemain binaan Roma. Mulai dari Giuseppe Giannini, Francesco Totti, Daniele De Rossi, dan sekarang Alessandro Florenzi.

Totti beberapa waktu lalu sudah menyuarakan adanya upaya untuk “membersihkan” skuat Roma dari pemain akademi mereka. Dan memberikan status kapten kepada Higuain akan menjadi bukti klaim Sang Pangeran Roma akan mendekati kebenaran.

Baik Totti yang pensiun sejak beberapa musim lalu maupun De Rossi, diberitahu kontrak mereka tidak diperpanjang. Sementara Florenzi dikabarkan akan masuk dalam daftar pemain yang bisa pergi di bursa transfer musim panas ini.

Namun, laporan Corriere dello Sport menyebut bahwa Roma bisa saja benar-benar akan memberikan ban kapten kepada Higuain untuk meyakinkan pemain Argentina itu datang ke Olimpico. Itu karena masa depan penyerang mereka, Edin Dzeko saat ini masih menjadi tanda tanya.

Di bawah kendali pelatih anyar, Paulo Fonseca, klub berjuluk Serigala Ibu Kota itu melakukan perombakan skuat. Nama lain yang juga mereka incar adalah, winger AC Milan, Suso. Dengan formasi 4-3-3, Fonseca membutuhkan sosok seperti Suso.

Untuk mendapatkan Suso, Roma bisa menawarkan Javier Pastore plus uang tunai sebagai imbalan. Klaim surat kabar La Repubblica, Suso dan Pastore akan kesulitan mendapatkan tempat dalam barisan starter dengan pelatih baru kedua klub.

Suso menurut La Repubblica tidak lagi diperlukan oleh Marco Giampaolo yang lebih menyukai formasi 4-3-1-2. Makanya, kedua klub dapat menyelesaikan masalah mereka dalam satu gerakan yakni menukar Suso dengan Pastore.

Di Milan, Suso memiliki klausul rilis 40 juta euroa dalam kontraknya. Namun, klausul itu hanya berlaku untuk klub luar negeri. Sementara Pastore yang berusia 30 tahun dibeli dari Paris Saint-Germain (PSG) musim panas lalu dengan harga 24,7 juta euro. (Football Italia/amr)