Kemenkumham Dorong Tenun Sekomandi jadi IG Mamuju

Selasa, 16 Juli 2019 - 08:38 WIB
FAJAR.CO.ID,MAMUJU–Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat  Harun Sulianto menyarankan  Pemda Mamuju untuk  mendaftarkan Tenun Sekomandi, menjadi Indikasi Geografis (IG) ke Ditjen Kekayaan Intelektual Kumham Jakarta.
“Dengan begitu akan menambah nilai tambah produk secara ekonomi,” kata Harun, siang tadi. Pihak Kanwil Kemenkumham Sulbar sendiri menurutnya akan membantu proses IG tersebut, mengikuti jejak Tenun Mandar yang sudah mendapat sertifikat IG tahun 2016.
“Khusus untuk Kopi Mandar, saat ini masih dalam proses verifikasi,” kata Harun. Senin kemarin, Harun didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sri Yuliani  menyambangi kantor Bupati Mamuju. Kepada Bupati, Habsi Wahid, ia mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Mamuju ke 479, yang jatuh 14/7.
“Kita berterima kasih atas sinergitas dalam  perancangan dan harmonisasi produk hukum daerah. Bahkan sejak pembuatan naskah akademikpun sudah bersama fungsional perancang kanwil kumham,” katanya. Saat ini sudah  16  naskah akademik, dan dua anperda sedang  dibahas.
Ia juga mengapresiasi koordinasi yang baik Pemda dengan unit pelaksana teknis Kemenkumham yang ada di Mamuju. Yakni kantor imigrasi, lembaga pembinaan khusus anak (LPLS), rutan, lapas perempuan dan rumah penyimpanan benda sitaan negara (Rupbasan). (*)