Resmikan Kompleks Makam Sultan Hasanuddin, Mensos: Tanamkan Nilai Kepahlawanan untuk Generasi

FAJAR.CO.ID, GOWA -- Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan rehabilitasi Komplek Makam Pahlawan Nasional (MPN) Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa, Selasa (16/7/2019).

Menurutnya, dengan rehabilitasi MPN ini diharapkan mampu menarik perhatian dan kunjungan wisatawan, generasi muda maupun warga masyarakat. "Diharapkan lebih meningkatkan fungsi makam pahlawan nasional bukan hanya sebagai tempat jenazah pahlawan dimakamkan, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan destinasi wisata ziarah nasional," akunya

Kata dia, kunjungan ke TMPN akan mendorong para generasi mengenal lebih jauh tentang sosok pahlawan dan perjuangan pahlawan yang dimakamkan. Salah satunya sejarah tentang kepahlawanan Sultan Hassanudin.

"Di MPN inilah kita bisa menanamkan nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial bagi generasi penerus bangsa," tambah Agus.

Ke depannya, dia berharap untuk meningkatkan kunjungan ke MPN perlu digalang kerjasama berbagai pihak antara lain dinas pariwisata, dinas sosial, dinas pendidikan, dunia usaha, media cetak, media elektronik dan seluruh elemen masyarakat lainnya.

Sementara itu dalam laporannya, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazarudin menjelaskan tahun 2018 melalui alokasi dana APBN, Kementerian Sosial melakukan rehabilitasi MPN Sultan Hasanuddin sebagai langkah awal pembentukan Destinasi Ziarah Wisata pada Makam Pahlawan Nasional.

Pepen menuturkan, komponen rehabilitasi MPN Sultan Hasanuddin berasal dari alokasi dana APBN sebesar Rp2 miliar meliputi taman dan parkir, balai pertemuan, tugu batu palantikan, baruga, dan gerbang pagar makam.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...