Amien Rais Ikhlas dengan Kemenangan Jokowi, Ketum PP Muhammadiyah Sampaikan Ini

Rabu, 17 Juli 2019 - 20:09 WIB
Haedar Nashir

FAJAR.CO.ID — Amien Rais akhirnya mengakui kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019. Dia juga menyerukan untuk menjaga persatuan bangsa.

“Jadi saya sampaikan, teruskan merajut Merah-Putih, teruskan bangsa ini bersatu, jangan sampai pecah. Tapi soal kekuasaan, berikan kesempatan yang utuh kepada Pak Jokowi-Ma’ruf. Kita awasi dan itulah produk indah demokrasi,” ujar Amien di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan.

Terkait hal itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir, memuji sikap kenegarawanan Amien Rais. Pasalnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu sudah ikhlas memberi kesempatan kepada Jokowi-Ma’ruf untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

“Pak Amien Rais itu punya jiwa negarawanan yang besar itu terbukti dari pernyataannya yang memberi kesempatan pada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf sambil diawasi secara demokratis. beliau paham betul tentang hakikat dan implementasi demokrasi,” jelas Haedar kepada wartawan, Rabu (17/7/2019).

Karena itu, Haedar berharap, para lawan politik Amien Rais bisa bersikap objektif dalam melihat pernyataan tokoh reformasi tersebut. Pasalnya, demokrasi memang dinamis dan memerlukan visi yang luas.

“Kita berharap, jangan ada yang sinis atau tidak positif dalam menyikapi pernyataan Pak Amien,” ujar Haedar.

Lebih lanjut, Haedar juga menuturkan, demi keutuhan dan masa depan bangsa semua pihak di negeri ini harus terus belajar berinteraksi dan saling koreksi secara sehat dan dewasa, jangan sempit wawasan dan sikap.

Sebab, kata mantan Rektor itu, Indonesia adalah negeri besar milik bersama, bukan milik satu dua orang atau golongan. Para elite di negeri ini memang dituntut keteladanannya dalam berdemokrasi dengan visioner.

“Sikap bijak Pak Amien Rais perlu diikuti oleh para elite dan warga bangsa agar Indonesia makin bersatu dalam dinamika dan keberagaman menuju Indonesia berkemajuan,” tutup dia. (JPC)