Anda Diabetes? Resep Salad untuk Penderitanya

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:23 WIB

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Penderita diabetes membutuhkan beberapa vitamin tertentu untuk membantu meningkatkan produksi insulin.

Ahli Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Andi Nurlinda SKM MKes punya resep salad buah bagi penderita diabetes.

Selain kandungan vitamin, perlu perhatikan spesifikasi rasa dari buah.

Buah yang asam hanya boleh dicampurkan dengan yang asam begitu pun sebaliknya. Jika asam dan manis bercampur, akan mengganggu pembentukan glukosa di tubuh.

 

1. Kiwi

Masukkan potongan kiwi 50 gram. Kiwi mengandung vitamin e yang berfungsi mencegah komplikasi pada penderita diebetes. Komplikasi biasanya terjadi yakni jantung dan gagal ginjal.

2. Stroberi

Masukkan potongan stroberi sebanyak 50 gram. Stroberi mengandung vitamin C yang dapat membakar lemak dan memperbaiki kadar gula darah.

3. Jeruk

Masukkan potongan jeruk sebanyak 50 gram. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi yang tentunya dapat memperbaiki kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh.

4. Susu

Susu mengandung zinc, vitamin e, B3, B12, B7, senyawa magnesium dan kromium yang sangat bagus untuk menbantu produksi dan pengeluaran insulin. Selain itu juga membangun massa otot, berperan menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta menaikkan kadar lemak yang baik.

Perlu memperhatikan dalam penggunaan susu agar tidak lagi mencampurkan dengan olahan susu lainnya seperti keju atau yoghurt. Olahan susu tinggi akan protein, sehingga bisa menyebabkan flora di usus tidak seimbang. Hal ini bisa berdampak pada alergi. (Ind)

Loading...