Buah Tinggi Serat Hilangkan Pedas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Rasa pedas menyebabkan sensasi terbakar di mulut. Menghilangkannya bisa dengan buah.

Spesialis Gizi Klinik, Rumah Sakit Ibnu Sina, dr Asrini Safitri Husain MKes SpGK menuturkan, menghilangkan pedas di mulut bisa dengan buah atau minum jus buah mengandung serat tinggi. Ditambah lagi, buah baik untuk tubuh karena kandungan vitamin dan mineral yang tinggi.

Selain buah, susu atau pun yogurt yang mengandung kasein, mampu menyerap dan menggumpalkan zat kapsaisin yang terkandung di cabai. Lalu, rasa pedas di mulut pun hilang. “Kalau mau mudah bisa juga makan nasi. Lama kelamaan pedasnya akan hilang,” terangnya.

Kandungan lemak yang ada pada selai kacang juga dapat membantu menghilangkan rasa pedas. Rasa asam jeruk nipis juga bisa mengikat rasa terbakar di lidah akibat cabai.

Namun, perlu diperhatikan, bagi yang tidak terlalu tahan makan cabai sebaiknya tidak makan berlebihan karena bisa membuat gangguan saluran cerna. “Ini tergantung dari individu masing-masing karena ada yang kuat makan banyak cabai ada yang tidak. Tapi efek jika terlalu banyak makan cabai tentunya bikin iritasi lambung,” terangnya.

Sementara itu, Ahli Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Dr Andi Nurlinda SKM MKes mengatakan, konsumsi susu atau yogurt dapat menbantu menghilangkan rasa pedas. Setelah makan bisa juga mengonsumsi buah-buahan agar pedas di lidah dapat hilang. “Dalam beberapa menit akan hilang pedasnya,” ujarnya.(ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...