Dicemooh Trump, The Squad Melawan

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON-- Empat perempuan anggota Kongres AS menggelar konferensi pers Senin waktu setempat (15/7). Tujuan mereka jelas, secara resmi menanggapi cuitan Presiden AS, Donald Trump yang sedang viral. Cuitan yang bahkan membuat loyalis di Partai Republik angkat tangan.

Empat legislator tersebut adalah Alexandria Ocasio-Cortez, Rashida Tlaib, Ilhan Omar, dan Ayanna Pressley. Di lingkaran Capitol Hill, mereka lebih dikenal dengan julukan The Squad. Julukan tersebut muncul karena mereka punya prinsip politik yang sama.

Minggu lalu, Trump memang tak menyebut nama apa pun. Dia hanya mengungkapkan bahwa anggota kongres perempuan yang berpaham progresif seharusnya pulang ke tanah kelahiran mereka. Namun, banyak orang yang menyimpulkan bahwa yang dibidik ayah Ivanka itu adalah The Squad.

“Jangan terpancing dengan upaya pengalihan perhatian itu,” ujar Pressley seperti dikutip CNN.

Pasca unggahan di akun Twitter tersebut, banyak pihak menghujat Trump. Menurut mereka, pernyataan suami Melania itu rasis. Juga, faktanya, hanya satu di antara empat politikus perempuan tersebut yang lahir di luar negeri.

Ketua Dewan Perwakilan AS, Nancy Pelosi mengatakan, Trump kembali melewati batas. Petinggi Partai Demokrat itu berjanji merespons tindakan tersebut. Sepertinya, Pelosi tak lagi menghiraukan konflik internalnya dengan The Squad setelah melihat cemoohan sang kepala negara.

“Moto Trump dari awal bukanlah Make America Great Again (Buat Amerika Kembali Hebat), melainkan Make America White Again (Buat Amerika Kembali Putih),” ujarnya sebagaimana dilansir Washington Post.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...