Jokowi Qurban Sapi Seharga Rp65 Juta di Sulsel

Rabu, 17 Juli 2019 - 22:10 WIB
Foto Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Presiden Joko Widodo akan kembali berkurban di Sulawesi Selatan pada Iduladha 2019.

Sapi qurban milik Jokowi beratnya mencapai 970 kg, usianya sekitar tujuh tahun dan harganya Rp65 juta. Sapi tersebut berjenis peranakan simental atau hasil dari proses inseminasi buatan.

“Asalnya dari Maros. Paspampres dan kementerian pertanian sudah cek di lapangan,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sulsel, Andi Azis, kemarin.

Ia menambahkan, pihaknya menyediaka. sekitar 50.000 ekor sapi kurban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada hari raya Idul Adha tahun ini.

“Animo masyarakat sulsel untuk qurban sangat besar. Tahun lalu saja 25.000 untuk sapi potong, dan kambing 4.000 ekor. Kerbau 120 ekor. Tidak beda jauh dengan tahun ini,” kata Azis.

Khusus untuk di Sulsel disiapkan 30.000 ribu. Sedangkan yang keluar disiapkan 20.000 ekor.

Sapi kurban itu didatangkan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan seperti Gowa, Maros, Soppeng, Wajo, Barru, Sidrap dan Pinrang.

Untuk mengantisipasi penyakit dari hewan menular ke manusia, kata Azis, DPKH akan memperketat pemeriksaan dengan menerjunkan tim dokter hewan baik di rumah potong hewan (RPH), pasar dan lokasi penjualan serta penyembelian hewan ternak.

Kata Azis, hal itu sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Sebelum melaksanakan kurban, pemeriksaan dilakukan lebih awal agar ternak sapi yang akan disembeli bebas dari penyakit.

“Setelah disembelih kalau dicurigai maka akan kami laksanakan pemeriksaan postmortem sebagai pemeriksaan lanjutan. Tapi kami jamin insha Allah sapi kita aman,” ujarnya.

Ia juga menjamin harga daging di Sulsel tidak akan mengalami lonjakan yang signifikan. “Tidak ada gejolak harga dari tahun sebelumnya. Harganya masih sama.
Kisaran harga masih Rp90 ribu sampai Rp100 ribu per kilogram. Ini masih wajarlah,” pungkasnya.