Kakanwil Kumham Sulbar Terima Kakanwil Bea Cukai

Rabu, 17 Juli 2019 - 15:00 WIB

FAJAR.CO.ID,SULBAR–Kepala kantor wilayah Kumham Sulbar Harun Sulianto menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Padmoyo Tri Wikanto beserta tim di ruang kerjanya, Selasa(16/07/2019).

Pertemuan koordinasi tersebut terkait pembentukan kantor bantu bea cukai di Sulawesi Barat, serta penyamaan persepsi tentang layanan keimigrasian sehubungan dengan rencana pembangunan pelabuhan internasional di Tanjung Silopo Polewali Mandar.

Kadiv Keimigrasian Kumham Sulbar, Silvester Sililaba mengatakan untuk layanan imigrasi di pelabuhan internasional, maka harus dibentuk tempat pemeriksaan imigrasi (TPI), yakni tempat pemeriksaan masuk dan keluar orang wilayah Indonesia, yang ditetapkan oleh Menkumham.

Kantor Imigrasi mengusulkan TPI kepada Kakanwil Kumham dengan melampirkan SK Menteri Perhubungan tentang status Pelabuhan Internasional dan rekomendasi berbagai instansi terkait keamanan, kemudian pihak ditjen imigrasi meninjau lapangan dan buat telahan yang memuat aspek legalitas, potensi, dan kerawanan keimigrasian , aspek poleksosbud, serta demografi, dan letak geografis. “Tapi dalam keadaan tertentu,”kata Silvester. (*)