Permintaan Meningkat, Stok Diler Mobil Menipis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Penjualan mobil secara nasional tahun ini diperkirakan stagnan di angka 1,1 juta unit. Produk yang diminati masyarakat hampir merata di semua segmen. Tapi yang paling laris tetap dua segmen utama yakni Multi Purpose Vehicle (MPV) middle dan Sport Utility Vehicle (SUV).

Chief Executive Officer ASCO Daihatsu, Stanley Atmaja berharap pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 bisa mendongkrak penjualan otomotif nasional. Sebagai diler utama Daihatsu, ASCO berharap bisa turut berkontribusi. “ASCO belum memiliki target penjualan karena jadwal diler untuk berjualan selama GIIAS belum dikeluarkan oleh ASTRA, kapan ASCO dapat giliran,” ujarnya.

Stanley mengatakan, pasar otomotif di Indonesia masih sangat prospektif. Terbukti permintaan sejumlah produk otomotif sangat tinggi, diantaranya Daihatsu Xenia. Kendaraan MPV middle ini dianggap cocok dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia. “Sayang beberapa bulan ini suplai Xenia agak terganggu sehingga membuat antrian inden mulai banyak,” ungkapnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Chief Operating Officer PT Tunas Mobilindo Perkasa (Tunas Daihatsu) Zainuddin. Menurut dia, pesanan kendaraan terus bertambah meskipun momen Hari Raya Idul Fitri telah selesai. Akan tetapi Tunas Daihatsu belum bisa memenuhi order secara tetap.”Pesanan banyak, tetapi barang kosong. Ini sudah terjadi sejak Februari lalu,” kata Zaindudin.

Juara Wimbledon, Simona Halep Penasaran Emas Olimpiade

Polisi dan Jaksa Lolos Administrasi, Ini Kata Koalisi Kawal Capim KPK

Di Hadapan Publik Tercinta, Praveen/Melati Malah Beri Kejutan Buruk

Dia mengakui, sejumlah kendaraan stoknya kosong karena tidak adanya kiriman dari agen pemegang merek (APM). Karena itu, tenaga penjualan di Tunas selalu berupaya menginformasikan kepada calon pembeli bahwa pesanan Terios kemungkinan akan datang 2-3 bulan ke depan.”Sayang sekali. Padahal Terios ini laku. Sebagian bahkan mengalihkan beli merek lain,” cetusnya.

Zainuddin memaparkan, selain Terios dan Xenia, kendaraan Daihatsu yang diminati masyarakat Indonesia saat ini adalah produk jenis mobil hemat ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). Terdapat dua LCGC Daihatsu yang laris di pasaran yakni Sigra dan Ayla.”Keduanya mempunyai perean besar karena menyumbang 60 persen dari penjualan Tunas Daihatsu,” jelasnya. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...