Relawan PRI Bakal Lebih Masif Bantu Korban Bencana

Rabu, 17 Juli 2019 - 15:46 WIB
FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Para Relawan Indonesia (PRI), salah satu lembaga sosial nirlaba terus bergerak di bidang kemanusiaan dan keumatan.

Direktur Eksekutif PRI Nur Rajadaeng, menuturkan, meski belum setahun usia PRI, kerja-kerja kerelawanan untuk kemanusiaan di berbagai daerah telah dilakukan.

Di Palu Sigi Donggala, Banjir Makassar, Longsor Gowa, Tsunami Banten, Banjir Soppeng, Banjir Dolo Selatan, Banjir Konawe, dan daerah lainnya.

“Bahkan di Pasigala, PRI tidak hanya terlibat pada masa tanggap darurat maupun pra recovery, tapi terlibat lebih jauh ke tahap recovery pasca bencana dengan membangun Kampung Berkah Pasigala (KBP) di lahan seluas 2 hektare,” jelas Nur Rajadaeng yang juga Dewan Pendiri PRI, dalam rilisnya, Rabu, 17 Juli 2019.

KBP adalah suatu permukiman pengungsi terpadu yang mandiri dan terintegrasi dengan berbagai macam fasilitas edukasi, spiritual, dan entrepreneurship.

Nur Rajadaeng menuturkan, PRI telah menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) pertama di Kampung Arra Desa Pucak Kabupaten Maros, akhir pekan lalu, 13-14 Juli 2019.

Mukernas tersebut telah menjadi momentum silaturahmi dan konsolidasi para member relawan PRI. “Sekaligus telah sukses merumuskan hal-hal yang sifatnya strategis dalam bentuk program kerja yang lebih runut, terstruktur dan sistematis serta masif,” kata Nur Rajadaeng.

A.Bambang sebagai PIC menambahkan, mukernas dihadiri oleh 60-an peserta dari berbagai wilayah se-Indonesia ini juga dirangkaikan Pelatihan Dasar Kerelawanan Pertolongan darurat dan Evakuasi Medis (PDK PDEM) angkatan pertama PRI.

Ketua Dewan Pembina PRI, Dr Hisbullah Amin, dan Sahruna Madjid SKep Ners hadir sebagai pembicara utama.

Momentum tersebut sekaligus menjadi ajang perkenalan pengurus baru Badan Pengurus Nasional Para Relawan Indonesia (BPN PRI) Periode 2019-2021 yang bersekretariat pusat di Kota Makassar. (rls)

loading...