Data Warga Miskin Makassar Kedaluwarsa, Kadissos: Sementara Di-update

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Data warga miskin Kota Makassar, belum diperbarui. Terakhir kali mengalami pemutakhiran data pada 2015 alias empat tahun lalu.

Kepala Dinas Sosial (Dissos) Kota Makassar, Akhmad Namsum, mengatakan, sudah waktunya data warga miskin di-update. Sehingga jelas, penerima bantuan tepat sasaran.

Disinggung data warga miskin di Kota Makassar yang tidak dilakukan pembaruan setiap tahun, Akhmad tidak bisa merinci. Pasalnya, dia belum lama menduduki posisi sebagai pucuk pimpinan di Dissos.

“Makanya sekarang, kami sementara mengupdate data. Sesuai Basis Data Terpadu atau BDT, warga miskin di Makassar sekitar 80 ribu orang,” jelas Akhmad.

Dissos Makassar sudah berkoordinasi dengan pihak pusat untuk melakukan pembaruan data. Tinggal menunggu updating data edisi Juli 2019.

Kasi Jaminan Kesejahteraan Sosial Dissos Kota Makassar, Muslimin, berujar, tahapan yang kini berjalan, yakni sinkronisasi data. Baik data Dissos dengan Kementerian Sosial.

Saat ini, tercatat ada 85.255 jiwa yang mendaftar di tingkat kelurahan untuk mendapatkan layanan bantuan sosial tahun ini. Olehnya itu, petugas Dissos melakukan pengecekan langsung di lapangan.

Apalagi Kementerian Sosial tengah mengembangkan program sistem informasi kesejahteraan sosial next generation. Agar data warga miskin riil. Perlu pengecekan secara akurat. Supaya tidak ada duplikasi penerimaan bantuan nantinya.

“Total ada 21.204 keluarga penerima manfaat terkait program keluarga harapan di Kota Makassar. Jumlah ini berdasarkan klasifikasi keluarga termiskin,” akunya. (smd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...