Kemarau, Harga Komoditas Cabai Alami Kenaikan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAROS — Harga komoditas cabai merah dan rawit mengalami lonjakan di Pasar tradisional Butta Salewangang (BSM) Kabupaten Maros.
Hal ini disebabkan kurangnya pasokan dari daerah pemasok akibat musim kemarau.

Salah seorang pedagang pasar, Najmawati mengatakan sudah hampir sebulan harga cabai mengalami kenaikan. “Biasa kalau kita ke Pasar Terong cari cabai dua kali kesana baru dapat karena stoknya kurang. Makanya harganya juga naik,” jelasnya.

Dia mengurai harga cabai merah saat ini mencapi Rp45 ribu per kilo, cabai keriting Rp45 ribu per kilo dan cabai rawit Rp35 ribu per kilogram. “Biasa harganya sebelum naik kalau cabai merah Rp15 ribu per kilogram, sedangkan cabai keriting Rp10 ribu sampai Rp15 ribu per kilogram dan cabai rawit Rp10 ribu per kilogram,” katanya.

Tak hanya cabai, kata dia, harga kol juga mengalami kenaikan sekitar Rp15 ribu per kilogram. Diakuinya akibat kenaikan harga ini pun berdampak pada pembeli di pasar. “Pembeli sepi karena mereka kaget katanya kenapa harga cabai naik,” katanya.

Tak hanya mahal saja, cuaca juga menyebabkam kualitas cabai tidak bagus.”Selama kemarau kualitas cabai juga tidak begitu bagus. Kebanyakan cabai kering dan busuk. Jadi kita juga rugi,” akunya.

Dia berharap kondisi ini bisa segera berlalu dan harga cabai bisa kembali normal.”Kita berharap haga cabai bisa segera turun supaya bisa ramai pembeli lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Sarana Prasarana Koperasi dan Perdagangan Pada Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Kopumdag) Kabupaten Maros, Yu’din mengatakan hasil pantauannya di pasar, kenaikan harga cabai sudah terjadi selama satu bulan.”Hal ini dipengaruhi oleh faktor cuaca yang saat ini sudah memasuki musim kemarau,” katanya.

Dia juga mengatakan musim kemarau yang membawa hawa panas juga menyebabkan pertumbuhan tanaman cabai terganggu.”Makanya stok dari agen untuk para pedagang di pasaran terbatas,” sebutnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga di pasaran, diakuinya, pihak Kopumdag Maros akan bekerja sama dengan pihak pertanian agar pasokan cabai di maros bisa terpenuhi. (Rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...