Kiprah FORMA Sulsel, Fokus di Bidang Sosial dan Keagamaan

Kamis, 18 Juli 2019 - 13:46 WIB

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR— Awalnya sejumlah aliansi dan ormas concern pada dukungan salah satu calon presiden, belakangan pasca berakhirnya pemilihan pilpres, mereka pun berwadah menjadi Forum Masyarakat (FORMA) Sulawesi.

Forum itu pun tak lagi concern pada politik, namun upaya perjuangannya pun beralih lebih universal, menggarap bidang sosial, ekonomi, dan kebangsaan.

Ketua Forma Sulawesi, Dahsyat Halilintar menjelaskan, awalnya bernama forum kedaulatan rakyat, karena concern ke dukungan salah satu pasangan calon, setelah pilpres selesai ormas dan aliansi tergabung dalam FORMA Sulawesi menyasar hal yang lebih universal.

“FORMA Sulawesi terbentuk Mei lalu,”kata Dahsyat Halilintar yang karib disapa Bang Dahlin ini.Kendati baru terbentuk, bebernya, FORMA Sulawesi pun sudah melakukan berbagai kegiatan di bidang sosial yang bersentuhan langsung kepada masyarakat dan keagamaan, serta sektor perekonomian ummat.

Di bidang sosial misalnya, kata Bang Dahlin, pihaknya ikut serta memberikan bantuan logistik pada korban bencana banjir di Konawe Utara, termasuk yang terakhir penggalangan dana bencana gempa bumi di Halmaerah. “Tentunya bekerja sama dengan bulan sabit merah, “jelasnya.

Kegiatan rutin lainnya, bebernya, yaitu Jumat Berkah. Program ini membantu masyarakat yang membutuhkan serta melakukan kegiatan keagaamaan, seperti zikir bersama dan bimbingan keagamaan.

Program diskusi, bebernya, seperti Nongkrong Keren Relawan Intelektual (NKRI) sebagai wadah diskusi dan adu gagasan melihat kondisi kekinian bangsa ini. Selain itu, program Berkibar (Berjamaah Makan Ikan Bakar) yang dikemas dalam bentuk outbound, dan program perekonomian pemberdayaan umat dengan rencana mendirikan FORMA Mart. (eds)