Pansel Mulai Uji Kemampuan Hukum Capim KPK

Kamis, 18 Juli 2019 - 10:22 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Kamis (18/7) menggelar tes tahap dua terkait uji kompetensi untuk 192 pendaftar. Mereka yang sudah lolos tahapan administrasi akan diuji pengetahuannya mengenai bidang penindakan hingga pencegahan korupsi.

“Test tahap dua akan menguji pengetahuan Capim KPK yang berhubungan dengan pengetahuan di bidang penindakan dan pencegahan tindak pidana korupsi dengan sarana penal (hukum pidana) maupun sarana non penal (pencegahan),” kata anggota Pansel Capim KPK Marcus Prio Gunarto kepada JawaPos.com, Kamis (18/7).

Marcus menjelaskan, para peserta Capim KPK periode 2019-2023 harus memahami dua tugas utama KPK berdasarkan Undang-Undang. Bahkan, mereka akan ditanya pemikirannya pribadi mengenai pencegahan korupsi.

Pakar hukum Universitas Gadjah Mada ini pun menyampaikan, pada tes tahap dua kali ini, 192 Capim KPK yang lolos seleksi administrasi akan menjalani objektif tes dan pembuatan makalah.

Soal Izin, Kadis Kehutanan Sulsel Dapat Rapot Merah

Ajak Damai Fairuz, Barbie Malah Disebut-sebut Bakal Tersangka

Kapal yang Ditumpanginya Tenggelam, Kades di Pangkep Ini Belum Ditemukan

“Tes objektif akan berlangsung selama 90 menit dengan menggunakan komputer yang disediakan oleh panitia, sedangkan pembuatan makalah akan berlangsung selama 3 jam (180 menit), juga menggunakan komputer yang disediakan oleh panitia,” ucap Marcus.

Marcus menyebut, tema makalah akan disiapkan oleh Pansel selama tes tahap dua berlangsung. Oleh karena itu, para peserta bisa mempersiapkan diri dengan membaca literatur maupun perundang-undangan yang berkaitan dengan tugas KPK maupun landasan teori-teori pendukungnya.

“Ide-ide dan pemikiran capim yang tertuang dalam makalah maupun penguasaan perundang-undangan Tipikor akan tercermin melalui hasil tes yang kedua ini. Hasil tes, akan menentukan apakah peserta tes capim dapat mengikuti tahap berikutnya atau tidak,” tukasnya.

Senada dengan Marcus, Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih menyampaikan, sebanyak 192 peserta seleksi Capim KPK akan mengukuti uji kompetensi hari ini, Kamis (18/7). Para kandidat capim tersebut sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Punya Istri Selain Rey Utami, Ini Sindiran Hotman Paris

Kemarau, Harga Komoditas Cabai Alami Kenaikan

Demi Pogba, Real Siapkan “Operasi 200”

“Uji kompetensi akan dilaksanakan di Pusdiklat Sekretariat Negara (Setneg), Jalan Gaharu I, Cilandak, Jakarta Selatan,” ucap Yenti.

Sebelum menghadapi uji kompetensi, para kandidat terlebih dulu harus melakukan proses registrasi pada pukul 07.00 WIB. Test dilakukan mulai pukul 08.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Dari 192 pendaftar yang lolos itu, terdapat nama tiga komisioner KPK, yakni Alexander Marwata, Laode M Syarif, dan Basaria Panjaitan. Selain tiga nama petahana itu, masih ada 10 orang dari internal KPK yang juga dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Mereka diantaranya, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono, dan Direktur Pembinaan Jaringan dan Kerja Sama Antar-Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK Sujanarko. (jp)

loading...