Pemkot Angkat Tangan, F8 Tunggu Sponsor

Kamis, 18 Juli 2019 - 20:35 WIB
F8 Makassar 2018. (dok/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sudah tidak mengalokasikan lagi anggaran untuk gelaran Makassar International Eight Festival and Forum atau beken disebut F8.

Padahal, pada APBD Pemkot Makassar, gelaran bersifat internasional ini sudah terplot anggaran sekitar Rp3,8 miliar. Sayangnya, anggaran tersebut dialihkan ke kegiatan yang dinilai lebih prioritas.

Sekretaris Kota Makassar, M Ansar, menjelaskan, pada anggaran perubahan APBD Kota Makassar akan dilakukan revisi. Salah satunya kegiatan F8 yang ditiadakan penyelenggaraannya tahun ini.

Terkait gelaran F8 untuk diswastakan, Ansar menilai belum sampai ke sana. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi.

“Bisa jadi, tetapi harus tetap berkoordinasi dengan Pemkot terlebih dahulu,” kata Ansar.

Rencananya, anggaran F8 akan dialihkan untuk pembangunan infrastruktur. Termasuk pengembangan destinasi pariwisata kepulauan.

Kata Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, destinasi pariwisata kepulauan di Kota Makassar perlu dikembangkan. Untuk itu, penggarapan sektor tersebut akan dioptimalkan.

“Lebih diutamakan terkait basic need. Infrastruktur semua yang terkait dengan program wajib dan pelayanan dasar,” ucap Iqbal.

Ada pun Anggota DPRD Komisi A, Abdi Asmara menilai, Pemkot Makassar harus segera mencari solusi apabila gelaran F8 urung dilaksanakan. “Apakah dapat dilaksanakan dengan cara investor atau diswastakan,” ujarnya. (smd)