Penderita Flu, Hindari Makanan Manis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Penderita flu perlu mendapat penanganan tepat. Sebab, jika dibiarkan dan tidak diobati sesuai jenis penyakitnya, dapat berakibat fatal.

Untuk penanganannya, Dosen Fakultas Kesehatan Lingkungan, Universitas Muslim Indonesia, Dr Alfina Baharuddin MKes menyarankan agar menghindari memberikan makanan manis sebelum kondisi benar-benar sembuh. Konsumsi makanan manis yang kaya gula bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan pada telinga, hidung dan tenggorokan. Selain makanan manis, hindari memberikan makanan yang digoreng.

Makanan yang digoreng dengan minyak berulang akan menyebabkan pembentukan akrolein yakni senyawa yang bertanggung jawab untuk memicu peradangan di tenggorokan yang menimbulkan rasa gatal menyiksa. “Sebenarnya batuk itu adalah refleks umum manusia yang berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan jalur pernapasan dari partikel asing, mikroba, polusi, lendir, dan iritan. Maka dari itu, hindari makanan yang dapat memicu batuknya,” ungkapnya.

Keluarga perlu segera memeriksakan untuk diagnosis penyakit. Selain itu, karena virus ini berbeda dari virus flu biasa yang begitu cepat menyebar pada orang lain hanya melalui udara. Paling muda terserang adalah anak-anak dengan imunitasnya yang belum terbentuk dengan baik serta orang tua yang imunitasnya mulai menurun.

“Perhatikan kebersihan kandang apabila memelihara unggas, pastikan konsumsi daging atau telur unggas yang telah di masak dengan baik dan tidak mengonsumsi unggas liar,” tegasnya.

Jika sudah ada keluarga yang terdiagnosis menderita salah satu flu tersebut. Maka segera bersihkan barang penderita yang diduga telah terkontaminasi virus seperti tempat tidur, seprei, pakaian, alat makan hal ini untuk menghindari penularannya kepada keluarga yang lain. Dalam menangani penderita flu, sebaiknya selalu menggunakan masker, dan pastikan membuang tisu yang digunakan penderita. (ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...