Persatuan Indonesia

0 Komentar

Itji Diana Daud

Meskipun kalah dalam pemilihan Presiden, Prabowo Subianto masih bisa tegar dan mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Joko Widodo yang akrab dipanggil Pak Jokowi. Momen pertemuan Jokowi dan Prabowo setelah hari pemilihan, mendapat simpati dari masyarakat yang menginginkan persatuan Indonesia terjaga.

Penentang kemenangan Jokowi sangat terasa setelah proses demokrasi di negeri  ini begitu kencang, tetapi pertemuan Jokowi – Prabowo memberikan kepastian bahwa rakyat Indonesia tetap menghormati proses demokrasi.

Sebelumnya, beberapa pihak khawatir bagaimana nasib demokrasi Indonesia pascapilpres 2019 karena munculnya unjuk rasa penolakan terhadap hasil Pilpres 2019. Tetapi setelah pertemuan Jokowi-Prabowo rasa damai dan semangat untuk bersatu hidup kembali .

Kedua tokoh yang terlibat dalam Pilpres tentu mengucapkan terima kasih kepada pendukung, dan menghargai kerja keras. Tentu bagi Prabowo, juga diikuti upaya menghibur para pendukungnya yang sudah pasti sedih karena kekalahan yang dialami. Kekecewaan akibat kalah dari Jokowi tentu cukup besar, sehingga hiburan akan membuat pendukung bisa menerima kekalahan.

Kekalahan pasti menyakitkan tetapi kekalahan tidak boleh membuat kita semua berhenti untuk percaya bahwa kebenaran layak untuk diperjuangkan. Bagi rakyat yang memberikan kepercayaan kepada Prabowo tentu bersedih, tetapi tentu tetap harus mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari persatuan Indonesia.

 

Pemilu Presiden memang sudah lewat, dan Prabowo gagal memenangkan kursi kepresidenan untuk kedua kalinya dari Jokowi. Namun, Dia tetap saja memberikan kita teladan bagaimana seharusnya berkompetisi dalam suatu pesta demokrasi bahwa pada akhirnya adalah persatuan Indonesia.

Kita boleh euforia, tetapi akhirnya kita harus menerima segala hasil dan mengubur dalam-dalam berbagai perpecahan, konflik, dan dendam yang mewarnai masa-masa kampanye saling serang atas masalah personal. Inilah kemenangan demokrasi, azas egaliter telah berlaku. Rakyat menunggu pengumuman kabinet baru. Semoga mereka yang terpilih akan menjalankan kebijakan yang sesuai dengan janji Jokowi-Ma’ruf Amin pada saat kampanye. Rakyat Indonesia tentu akan menjaga persatuan Indonesia, jika mendapatkan haknya sebagai rakyat. Selamat bekerja Jokowi-Ma’ruf Amin semoga sehat dan amanah menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...