RS di Makassar Turun Tipe, Dirut RS Haji Bilang Dampak dari Aturan BPJS

Kamis, 18 Juli 2019 - 14:36 WIB

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Beberapa rumah sakit di Makassar tengah mengalami penurunan tipe. Diantaranya RSUD Haji Makassar mengalami penurunan rumah sakit dari tipe B ke C.

Direktur Rumah Sakit (RS) Haji, drg Abdul Haris Nawasi mengatakan penurunan tipe rumah sakit tersebut memiliki banyak penyebab, tetapi di RSUD Haji sendiri jika dilihat dari segi sub spesialis dan dokter ahli memang terpenuhi. Apalagi prasarana tak ada yang kurang dari RS Haji.

Lanjutnya, penyebab penurunan tipe ini adalah kebijakan dari BPJS yang tak jelas dan tiba-tiba bikin peraturan sehingga dari kemenkes muncul peraturan. Sehingga beberapa rumah sakit jadi korban.

“Kasian masyarakat, saat ini kami masih berunding oleh beberapa kepala rumah sakit akan mengadakan rapat membahas ini dan masih ada masa sanggah hingga 28 hari,”ucapnya.

Dampak dari penurunan tipe ini, mengakibatkan terbatasnya pelayanan tersier kepada masyarakat, seperti pelayanan spesialis dan pelayanan rujukan tersier lainnya.

Sub spesialis akan di cabut jika turun ke C, sehingga masyarakat khususnya dari daerah sudah tak bisa dirujuk. Terjadinya hal ini tentunya berdampak. Mulai dari penurunan pasien rujukan untuk beberapa kategori hingga penurunan pasien BPJS.

“Kalau RS Haji dari tipe B turun ke C, kami tak terima karena dilihat dari segi apa ? ini pola pelayanan BPJS yang salah, mana klaimnya juga masih banyak tak dibayarkan”tuturnya.

Beberapa rumah sakit masih ingin melakukan rapat bersama membahas peraturan yang tak masuk akan ini.

Sementara RS Ibnu Sina masih belum diperoleh Informasi bagaimana perkembangannya. Saat dihubungi, Kabid Pelayanan Medik Ibnu Sina, Dr Edward P Wiriansa belum ada konfirmasi terkait hal ini. (wis)

One thought on “RS di Makassar Turun Tipe, Dirut RS Haji Bilang Dampak dari Aturan BPJS

Comments are closed.