Unhas Siapkan 75 Kursi untuk Prodi Pendidikan Kedokteran Jalur Mandiri

Kamis, 18 Juli 2019 - 20:27 WIB
FK Unhas

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pendaftaran calon mahasiswa baru (camaba) Unhas Jalur Mandiri telah ditutup. Dari total 2.016 pendaftar, program studi (prodi) Pendidikan Kedokteran masih menjadi primadona.

Wakil Rektor I Unhas, Prof Dr Muhammad Restu, mengungkapkan, prodi Pendidikan Kedokteran berhasil menggaet 549 pendaftar di jalur ini. Namun, yang disediakan hanya 75 kursi.

Olehnya, seleksi yang dilakukan semakin ketat, terdiri dari tes psikologi, wawancara, dan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).

“Tes MMPI ini bertujuan untuk mengetahui kondisi atau karakter setiap camaba. Apakah dia mampu beradaptasi dengan mata kuliah di Kedokteran atau tidak,” katanya, Rabu, 17 Juli 2019.

Menurutnya, keinginan masyarakat untuk kuliah di Kedokteran Unhas semakin tinggi. Hal ini menjadi tantangan prodi lain untuk semakin meningkatkan kualitasnya agar dilirik masyarakat.

“Kita selalu berharap ada pemerataan jumlah pendaftar di setiap prodi. Olehnya, sosialisasi gencar dilakukan agar masyarakat tahu apa yang menarik di setiap prodi,” tambahnya. (sul)